>Semiloka Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd)

>

Untuk lebih memantabkan serta mengintegrasikan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) dengan program-program pembangunan lain di perdesaan, Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) menggelar Semiloka PNPM-MPd bertempat di Graha Hotel Hayam Wuruk Trenggalek pada hari Rabu 23 Pebruari 2011. Semiloka yang mengambil tema “Melalui Perencanaan Partisipatif Kita Integrasikan PNPM-MPd Dalam Rencana Program Pembangunan Desa Untuk Membangun Desa Menuju Desa Mandiri” ini diikuti oleh perwakilan dari tiap SKPD, desa yang mendapatkan bantuan
PNPM-MPd serta pendamping PNPM-MPd di tiap-tiap kecamatan. Sedangkan narasumber berasal dari Bapemas dan Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah). Bupati Trenggalek Dr. Ir. Mulyadi WR. MMT. didampingi Ketua DPRD S. Akbar Abbas SE. MM. hadir dalam pembukaan semiloka ini.
Dalam laporannya, Ketua Panitia sekaligus Kepala Bapemas Imam Suprapto SH. MM., menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Semiloka ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas pembangunan desa melalui integritas program-program pembangunan. Selain itu, untuk mempermudah SKPD dan DPRD dalam menyusun rencana kerja yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada di perdesaan.
  Bupati Trenggalek, dalam sambutannya mengharapkan agar pelaksanaan PNPM-MPd yang sudah baik ini agar terus dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan. Selain PNPM-MPd Pemkab juga telah menganggarkan dana untuk BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) sebesar Rp 60 juta untuk tiap desa. “BLM nantinya digunakan untuk membangun jalan, jembatan atau sarana umum lainnya yang rusak dan tidak diperkenankan untuk membangun ataupun merenovasi balai desa kecuali untuk desa dengan kondisi jalan dan jembatan yang sudah bagus”, tegas Bupati.
Jika bantuan yang diberikan pemkab dirasa masih kurang, lanjut Bupati, Pemkab juga telah menghidupkan kembali bantuan stimulan yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Bantuan stimulan berupa aspal dan semen dapat diajukan dari pihak desa melalui Bapemas. Namun dari dana yang digelontorkan, Bupati meminta kepada desa untuk lebih memperbaiki sistem adminstrasinya sehingga ke depan diharapkan tidak terjadi masalah dalam laporan pertanggung jawabannya.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s