>Pembentukan Kader Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Kabupaten Trenggalek

>

      Keterpaduan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah kabupaten Trenggalek sangat diperlukan dalam menangani pengentasan kemiskinan. Pengentasan kemiskinan salah satunya adalah dengan rehabilitasi penyandang cacat. Karena sesuai dengan amanat undang-undang bahwa penyandang cacat mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat lainnya. Dengan demikian jika kemandirian bagi penyandang cacat sudah terwujud maka indikasi bahwa pengentasan kemiskinan telah dilaksanakan.
Demikian antara lain sambutan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Trenggalek Ir. Suryaatmaja Wisnubrata ketika membuka Pembekalan Kader Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Kegiatan Deteksi Dini Penyandang Cacat Berbasis masyarakat. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Bhawarasa pada hari Selasa, 22 Pebruari 2011 ini bekerjasama dengan Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur.
      Hadir dalam cara tersebut dari instansi terkait, tokoh masyarakat, dan peserta calon kader. Sementara itu Kabid Sosial Dinas Nakertansos Ir. Priyaji dalam pemaparannya menyatakan bahwa saat ini belum terjadi yang signifikan terhadap perbaikan kualitas kehidupan para penyandang cacat.
      Hal tersebut dikarenakan beberapa hal, antara lain para penyandang cacat banyak yang tinggal di pedesaan, diliputi kemiskinan, dan tidak tersentuh pelayanan moderen. Pusat informasi hanya banyak terdapat di kota-kota. Sementara itu budaya yang melekat dimasyarakat penyandang cacat, adanya pasrah kepada keadaan, sabar, dan merasa sebagai aib yang memalukan. Hal ini merupakan penghalang bagi upaya untuk pengentasan kemiskinan bagi para penyandang cacat.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s