>Modus Penipuan Baru Dengan Sasaran Para Rekanan

>

Masyarakat Trenggalek khususnya para rekanan atau para pengusaha jasa konstruksi  diharapkan lebih berhati-hati. Pasalnya, beberapa rekanan mengadu kepada Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Trenggalek , Ir. Mokhammad Sholeh, M.M, bahwa mereka merasa telah ditipu oleh pihak yang mengatasnamakan Kepala Dinas BMP tersebut. Bahkan ada salah seorang rekanan yang telah kehilangan uang tunai sebayak Rp 30 juta melalui transfer di bank.
Menurut keterangan Mokhammad Sholeh, modus yang dipakai oleh penipu dalam mengelabui korban ada 2 cara. Pertama, penipu menghubungi korban dengan mengaku sebagai sekretaris pribadi Kepala Dinas  BMP. Selanjutnya, korban disuruh menghubungi  Kepala Dinas  BMP dengan memberikan nomor telepon yang baru. Dalam percakapannya, lanjut Mokhammad Sholeh, Kepala Dinas BMP gadungan mengatakan bahwa dirinya sedang membutuhkan sejumlah uang untuk keperluan istri yang sedang berada di Jakarta untuk mengurus proyek  dan meminta korban untuk mengirimkan uang via transfer ke nomor rekening yang diberikan.
Modus kedua, penipu menghubungi korban secara langsung tanpa melalui perantara. Namun cerdiknya, di ponsel korban ketika ada telepon masuk secara otomatis tertulis dengan nama Mokhammad Sholeh, sehingga tanpa dicek terlebih dahulu korban langsung saja percaya, padahal sebetulnya nomornya berbeda dengan yang asli. Dengan alasan yang sama penipu meminta korban mengirimkan sejumlah uang.  Untungnya, beberapa rekanan mengkorfirmasi secara langsung kepada  Mokhammad Sholeh kebenaran telepon tersebut, sehingga terkuaklah penipuan ini.
Dari kedua modus tersebut, hal yang mengherankan adalah si penipu mengetahui secara pasti keberadaan dan kegiatan yang dilakukan oleh Kepala Dinas  BMP. Selain itu, menurut keterangan rekanan yang menjadi korban, suara dari penipu juga persis dengan suara Mokhammad Sholeh. Sehingga dalam percakapan, para korban tidak menaruh curiga sama sekali kepada penipu.
Untuk mencegah bertambahnya korban penipuan yang serupa, Mokhammad Sholeh  telah berupaya untuk memberikan informasi mengenai penipuan ini khususnya kepada para rekanan sehingga diharapkan penipuan dengan modus yang sama ini tidak akan terulang [#].
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s