>Apel Korpri dilanjutkan Siraman Rohani

>

Kamis pagi tanggal 17 Pebruari 2011 bertempat di halaman Pendopo Kabupaten Trenggalek, Apel KORPRI yang merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali dilaksanakan. Kali ini yang bertindak sebagai Pembina Apel Wakil Bupati Trenggalek, Kholiq, SH. M.Si dan diikuti oleh seluruh PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Wakil Bupati Trenggalek dalam sambutannya menegaskan pentingnya disiplin khususnya bagi PNS lingkup Pemkab Trenggalek. Seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah baru Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, diharapkan kepada semua Kepala SKPD, para pejabat struktural, PNS maupun CPNS harus segera mempelajari serta melaksanakan Peraturan Pemerintah tersebut sesuai dengan ruang lingkup tugas kewenangannya masing-masing.

Terkait dengan pelantikan pejabat struktural pada tanggal 16 Pebuari 2011 kemarin, Wabup menyampaikan bahwa hal ini merupakan tindak lanjut adanya perubahan kelembagaan Organisasi Perangkat Daerah di Pemkab Trenggalek, yang semula Badan Kesatuan Kebangsaan, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpollinmas) dpecah menjadi dua lembaga baru yaitu: Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kantor Kesatuan Kebangsaan Politik dan Perlindungan Masyarakat. “Kepada pejabat yang baru dilantik diharapkan untuk dapat melaksanakan tugas barunya sesegera mungkin”, ujar Wabup.
Selain itu, lanjut Wabup, untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi ke arah yang lebih baik, paling tidak diperlukan 4 Unsur Manajemen yaitu: kesiapan sumberdaya manusia (PNS) baik yang menduduki jabatan maupun tidak, ketersediaan anggaran dalam mendukung kinerja organisasi, sarana dan prasarana yang memadai, serta terlaksananya mekanisme kerja dengan baik.
Usai pelaksanaan  Apel KORPRI, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam sekaligus sebagai wujud pembinaan akhlaq kepada para PNS,  di Pendopo  Kabupaten Trenggalek digelar pengajian umum dengan mubaliq K.H. Imam Hambali dari Surabaya.
Sebelum ceramah dimulai,  PKK Kabupaten Trenggalek menampilkan seni hadrah yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I Tim Penggerak  PKK yang juga istri Wakil Bupati, Ny. Hanik Kholiq. Dalam kesempatan itu pula, Bupati Trenggalek  secara simbolis memberikan bantuan untuk pembangunan beberapa masjid di wilayah Trenggalek.
Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek Dr. Ir. Mulyadi WR. MMT. memberikan respon yang sangat positif terhadap acara ini. “PNS tentunya sering berbuat dosa selama bekerja, baik itu sengaja maupun tidak. Dengan acara ceramah keagamaan ini, diharapkan dapat memberikan siraman rohani sehingga bisa menjadi manusia yang lebih baik”, ujar Bupati. Bupati juga mengharapkan kepada para PNS untuk dapat mencontoh sifat-sifat Nabi, yang meliputi Shidiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), fathonah (cerdas) dan tabligh (menyampaikan kebenaran).
Di masa pemerintahan 5 tahun mendatang, Bupati juga meminta kepada PNS untuk membantu program kerja yang telah direncanakan dengan sungguh-sungguh. “Jika anda membantu saya dalam melaksanakan tugas, maka saya juga akan membantu anda”,  tegas Bupati kepada para PNS.
Dalam tauziahnya, dengan gaya ceramah yang mudah dipahami dan diselingi  joke-joke segar, K.H. Imam Hambali menyampaikan bahwa ada 3 kunci kalau bisa dilaksanakan  kita akan dicintai baik oleh kawan maupun lawan. Hal ini telah dibuktikan dengan tauladan yang telah diberikan Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam.
Ketiga kunci itu adalah; 1. menyambung silaturahmi kepada orang yang telah memutuskan tali silaturahmi, 2. memberikan sesuatu kepada orang yang tidak pernah memberikan apapun kepada dirinnya dan  yang ke- 3  memaafkan orang yang mendholiminya.
Setelah mendapatkan pencerahan melalui ceramah  ustad Imam Hambali, para PNS kembali ke tempat  kerja masing-masing  untuk melaksanakan tugas yang telah menunggu. (end)
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s