>PKL Alon-alon Bersedia Pindah ke Pasar Basah & Seputar Terminal MPU

>

Pada tahun anggaran 2011 ini, Pemerintah Kabupaten Trenggalek bertekad mengembalikan fungsi Alon-alon sebagaimana mestinya yaitu sebagai ruang terbuka hijau [RTH]. Dengan demikian, PKL yang selama ini mengais rejeki di kawasan Alon-alon perlu segera dipindah ke tempat lain [relokasi]. Terkait rencana relokasi PKL Alon-alon, beberapa alternatif lokasi pernah muncul, diantaranya di utara dan selatan Pendopo, di seputar Pasar Sore ke timur bahkan di halaman atau tempat parkir Stadion Menak Sopal Kelutan. Namun dengan berbagai pertimbangan, alternatif lokasi tersebut tidak diteruskan.

Setelah melalui beberapa kali pertemuan antara perwakilan paguyuban PKL Alon-alon dengan pihak Pemerintah Kabupaten Trenggalek, akhirnya muncul suatu usulan dari Paguyuban PKL Alon-alon bagaimana kalau PKL Alon-alon dipindahkan ke kawasan Pasar Basah dan seputar Terminal MPU Trenggalek. Gayung bersambut, ternyata usulan tersebut disetujui oleh Bupati Trenggalek, namun perwakilan Paguyuban PKL mengharapkan bisa beraudiensi langsung dengan Bupati Trenggalek.
Audiensi Bupati Trenggalek dengan perwakilan Paguyuban PKL Alon-alon telah dilaksanakan Senin, 14 Pebruari 2011 bertempat di Graha Bhawasa. Dalam pertemuan tersebut, Paguyuban PKL diwakili 5 orang dan dikoordinir oleh Mukhlis. Sedangkan Bupati Trenggalek, Dr. Ir. Mulyadi Wr, MMT. didampingi Asisten Perekonomian & Pembangunan, Ir. Mohammad Siswanto, MM dan Kepala Dinas Koperindagtamben, Drs. Hermanto serta Kepala SKPD terkait lainnya.
Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut akhirnya perwakilan Paguyuban PKL Alon-alon menyatakan siap berpindah ke lokasi yang baru yaitu Pasar Basah dan seputar Terminal MPU Trenggalek dengan mengajukan beberapa syarat. Pertama, Pemkab Trenggalek harus mempersiapkan fasilitas yang diperlukan, yaitu jaringan air bersih dan lampu penerangan. Kedua, adanya jaminan keamanan bagi PKL, karena sebelumnya kawasan tersebut tempat mangkalnya para waria. Oleh karena itu Paguyuban PKL minta agar di kawasan tersebut dibangun Pos Satpol PP. Ketiga, adanya jaminan dari Pemkab Trenggalek bahwa ke depan Alon-alon steril dari kegiatan PKL. Keempat, untuk waktu-waktu tertentu, ketika ada kegiatan keramaian di Pendopo maupun Alon-alon, misalnya kegiatan peringatan Hari Jadi Trenggalek, eks PKL Alon-alon diberikan prioritas untuk berjualan di seputar Alon-alon.
Menyikapi permintaan perwakilan Paguyuban PKL tersebut, Bupati memerintahkan kepada SKPD terkait untuk mempersiapkan lokasi yang baru dengan sebaik-baiknya, mulai dari jaringan air bersih, lampu penerangan maupun Pos Satpol PP. Agar penataan lokasi sesuai harapan PKL, dalam penataan dan pengaturan lokasi Bupati minta agar Paguyuban PKL dilibatkan. Bupati juga akan berupaya maksimal untuk mempertahankan Alon-alon supaya bersih dari PKL. Karena itu Satpol PP diminta bersikap tegas mengawasi Alon-alon. Terhadap adanya permintaan pesangon atau bantuan biaya pindah dari para PKL, Bupati akan mempertimbangkannya. Dalam rangka meramaikan PKL di lokasi yang baru, Bupati merencanakan menggelar pertunjukan di malam hari secara periodik di seputar Terminal MPU
Dalam kesempatan tersebut Dr. Ir. Mulyadi Wr, MMT juga berpesan agar para PKL bersikap waspada, sehingga tidak mudah terpengaruh terhadap hasutan-hasutan yang tidak bertanggungjawab. Kalau memang ada usulan maupun saran, Bupati minta agar disampaikan kepada pihak yang terkait.
Menurut Kepala Dinas Perkimsih, Drs. Ali Mustofa, M.Si. pembangunan atau rehabilitasi kawasan Alon-alon direncanakan dimulai awal Mei 2011. Dengan demikian relokasi PKL akan dilaksanakan sekitar awal Mei 2011 [#].
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s