>303 CPNS Formasi Tahun 2008 Diangkat Menjadi PNS

>

Sejumlah 303 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Trenggalek formasi tahun 2008 diambil sumpahnya setelah resmi diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil [PNS] oleh  Bupati Trenggalek  Dr. Ir. Mulyadi Wr , MMT pada Kamis, 10 Pebruari 2011 bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek. Dalam  kesempatan tersebut, selain SK pengangkatan PNS bagi 303 orang, Bupati secara simbolis juga menyerahkan SK pengangkatan Jabatan Fungsional bagi 236 PNS yang baru saja diambil sumpahnya, terdiri dari 183 jabatan fungsional guru dan 53 jabatan fungsional kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. I Gede Siama, M.Si, dalam laporannya menyatakan jumlah CPNS yang diangkat sebagai PNS dalam kesempatan tersebut sejumlah 303 orang terdiri dari golongan III/b sejulah 33 orang, golongan III/a 185 orang, golongan II/d 51 orang, golongan II/c 35 orang dan golongan II/a sejumlah 9 orang. I Gede Siama berharap SK Pengangkatan sebagai PNS yang telah diterima agar segera diteliti sehingga bila ada kekeliruan segera bisa diperbaiki.
Dalam sambutannya Bupati Trenggalek mengharapkan sumpah dan janji yang telah diucapkan agar direnungkan, diresapi dan dilaksanakan. Bupati juga menegaskan bahwa disiplin harus dimulai dari sekarang yakni ketika diangkat sebagai PNS. Disiplin bukanlah bentuk dari rasa takut terhadap atasan, namun  merupakan bentuk dari kesadaran diri dalam menaati peraturan yang berlaku.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati menegaskan bahwa dalam  masa pemerintahannya, dalam  mengangkat  seorang PNS untuk menduduki  suatu jabatan  tidak akan didasarkan pada faktor like dan dislike ataupun karena membayar sejumlah uang, namun  lebih didasarkan pada empat faktor yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela. Loyalitas  merupakan salah satu  faktor yang sangat penting, karena akan berpengaruh pada pelaksanaan tugas selanjutnya. Ketika seorang PNS telah diangkat menduduki suatu jabatan, maka siapapun pemimpinnya, PNS tersebut harus loyal kepada pimpinannya, tugas-tugasnya serta loyal kepada Pemerintah kabupaten Trenggalek. Selain itu, PNS juga harus memahami program- program Pemerintah Kaabupaten Trenggalek lima tahun ke depan agar dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik. Oleh karena itu dalam kesempatan tersebut Dr. Ir. Mulyadi Wr, MMT memaparkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Trenggalek 5 tahun ke depan sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Daerah [RPJMD]. 
Menurut Bupati, akhir-akhir ini disiplin PNS dinilai menurun. Ini dibuktikan dengan adanya PNS yang ditangkap karena kasus perjudian,  bahkan dari tenaga guru banyak ditlaporkan karena kasus perselingkuhana. Oleh karena itu, kepada para Kepala SKPD yang hadir dalam kesempatan tersebut Bupati minta untuk mendisiplinkan stafnya dengan memberikan contoh yang baik.
Menyikapi banyaknya PNS hasil  seleksi CPNS yang berasal dari luar Kabupaten Trenggalek,  ke depan  Bupati Trenggalek tidak akan mengijinkan  PNS dimaksud untuk pindah ke daerah lain. Karena mereka yang telah mendaftar CPNS di  Kabupaten  Trenggalek,  maka harus siap dan  loyal kepada Pemerintah kabupaten Trenggalek. “Jadi PNS dari luar daerah sebaiknya segera  mencari rumah di Trenggalek sekaligus pasangan dari Trenggalek,” guraunya.

Acara pengambilan sumpah dan janji PNS ini dihadiri Wakil Bupati Trenggalek, Kholiq, SH, M.Si., Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Ir. Cipto Wiyono, M.Si. serta para Kepala SKPD se-Kabupaten  Trenggalek. 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s