>Paparan RKPD Menuju Kontrak Kerja SKPD dengan Bupati

     Dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja [APBD] tahun 2011, Kamis, 20 Januari 2011 telah dilaksanakan Pemaparan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2011 oleh  masing-masing SKPD  bertempat di Bhawarasa.  Acara ini dipimpin langsung oleh Bupati Trenggalek, Dr. Ir. Mulyadi WR, MMT dan dihadiri oleh  Kepala SKPD, Staf ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah  dan Kabag Lingkup Sekretariat Daerah serta Direktur BUMD.
    Dalam laporannya, Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Ir. Muhammad Siswanto, MM mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk merubah pola pikir dan cara kerja dalam mengelola APBD tahun  2011, sehingga dengan segala keterbatasannya dapat diperoleh hasil yang maksimal.  Oleh karenanya, lanjut dia, melalui kegiatan ini diharapkan SKPD mendapatkan arahan dan  stressing agar pengelolaan APBD 2011 berjalan dengan semaksimal mungkin sesuai rencana yang sudah ditetapkan masing-masing SKPD, sehingga  mampu memberikan perubahan berarti dalam setiap pelaksanaan pembangunan /pelayanan masyarakat serta memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat Trenggalek.
     Bupati dalam arahannya mengharapkan agar  RKPD nanti  harus  mampu diselenggarakan dengan tepat waktu dan sukses. ‘’Tidak boleh ada kata gagal, asalkan  ada kemauan untuk bekerja keras, maka kita mampu melaksanakan RKPD dengan lepat waktu  dan sukses” ungkapnya.
     Terhadap Staf Ahli Bupati  yang pada tahun ini dialokasikan anggaran untuk penelitian, Bupati mengharapkan agar para Staf Ahli  produktif memberikan saran dan masukan untuk memajukan Kabupaten Trenggalek. Oleh karena itu Bupati mempersilahkan para Staf Ahli untuk melaksanakan penelitian atau study banding ke daerah lain yang  yang memiliki keunggulan, namun memiliki karakter daerah yang hampir sama dengan Kabupaten Trenggalek. Misalnya, untuk bidang pariwisata bisa melaksanakan penelitian atau study banding ke Kabupaten Tuban, Lamongan dan Pacitan.
     Untuk pelaksanaan APBD tahun 2011, khususnya dalam hal pengadaan barang dan jasa, Bupati memberikan otoritas kepada Kepala SKPD untuk melaksanakan pelelangan, namun harus bertanggungjawab. Pelelangan bisa dilaksanakan oleh SKPD masing-masing ataupun dikoordinir oleh Sekretariat Daerah. Diharapkan pada bulan Maret mendatang proses pelelangan untuk jasa konstruksi sudah dimulai. Sehingga pelaksanaan kegiatan bisa tepat waktu. Bupati juga menekankan pentingnya tertib administrasi dalam pelaksanaan pembangunan.            
                                                                                  
     Pemaparan RKPD Kabupaten Trenggalek tahun 2011 dari masing-masing SKPD  ini diawali  dari Sekretariat Daerah yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan, Said Maksum, SH.  Terhadap paparan RKPD yang telah disampaikan SKPD, Bupati  memberikan arahan maupun penekanan-penekanan, dengan harapan diperoleh hasil maksimal dalam pelaksanaannya.  Paparan RKPD antara lain menyampaikan program/kegiatan, jumlah anggaran, indikator output dan outcome, serta time schedule secara singkat namun jelas dengan durasi waktu  10 menit untuk masing-masing SKPD. Namun dalam kenyataannya waktu 10 menit tidak cukup, sehingga sampai pukul 15.00 WIB belum semua SKPD menyampaikan paparan RKPD dan akan dilanjutkan hari Jum’at, 21 Januari 2011.

Hasil pemaparan oleh SKPD tersebut nantinya akan dijadikan penetapan kinerja tahun 2011 bagi masing-masing SKPD dan merupakan dokumen kontrak kerja antara SKPD dan Bupati Trenggalek. Dengan demikian, keberhasilan SKPD pada akhir tahun 2011 dengan mudah diketahui dengan membandingkan apa yang telah dicapai selama tahun 2011 dengan penetapan kinerja yang telah ditandatangani Kepala SKPD dengan Bupati [#].

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s