>Bupati Trenggalek Beserta Istri Hadiri Arisan Paguyuban Kades dan Sekdes se-Kecamatan Watulimo

>

         Usai menyaksikan sekaligus memberangkatkan Trenggalek Mountain Bike Adventure Seri III (TMBA Seri III), Bupati Trenggalek DR. Ir. Mulyadi WR. MMT. beserta istri, Ny. Penny Mulyadi berkenan untuk menghadiri Arisan Paguyuban Kepala dan Sekretaris Desa se-Kecamatan Watulimo bertempat di Ruang Paviliun Pendopo Kabupaten Trenggalek. Hadir pula Mantan Wakil Bupati  Mahsun Ismail, S.Ag, MM. yang telah lama menjadi anggota arisan ini, Asisten Pemerintahan Said Maksum, SH., Asisten Adiministrasi Umum Drs. Abu Mansur, Kepala Dinas Pertanian Ir. Joko Surono, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Ir. Mohammad Sholeh, M.M, Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Kebersihan Drs. Ali Mustofa, M.Si. serta seluruh Kepala dan Sekretaris Desa se-Kecamatan Watulimo beserta istri.
         Menurut Ketua Panitia yang juga merupakan Kades Karanggandu, Siswoyo, Arisan yang mulai digagas tahun 2007 ini pada awalnya hanya diikuti oleh jajaran Kepala Desa saja, namun sejak bulan Desember tahun 2010 untuk lebih menyemarakkan mengikutsertakan pula Sekretaris Desa. Tujuan diadakannya arisan ini adalah sebagai ajang untuk lebih mempererat kekeluargaan antar anggota, selain itu juga sebagai tempat sharing pengalaman dan permasalahan yang terjadi di Kecamatan Watulimo. “Biasanya kami mendatangkan narasumber dari Kepala Dinas di Pemkab Trenggalek”, lanjutnya.
       Camat Watulimo, Ari Hartono, SP. menyampaikan bahwa Arisan Paguyuban semacam ini baru pertama kali di Kabupaten Trenggalek. Arisan yang rutin bergulir tiap bulan ini sangat besar manfaatnya khususnya untuk menjalin silaturahmi antar perangkat desa. Dalam kesempatan tersebut, Camat Watulimo juga melaporkan setoran pajak yang berkurang disebabkan musim paceklik, dimana cuaca yang kurang bersahabat sehingga ikan tidak mau keluar dan buah-buahan banyak yang gagal panen.
          Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek, sangat mengapresiasi Arisan Paguyuban ini. “Semoga acara ini bisa menjadi contoh bagi kecamatan lainnya sebagai wadah koordinasi antar Camat, Kades dan Sekdes”, terangnya.
          Selain itu, Bupati mengharapkan Otonomi Desa mampu lebih digalakkan sehingga dapat meningkatkan penghasilan serta kemandirian desa. Bantuan Stimulan yang pada tahun 2010 tidak dianggarkan, dinilai lebih efektif dalam membangun sarana prasarana desa. Oleh karena itu, pada tahun 2011 ini Bantuan Stimulan akan dianggarkan kembali dan camat bertugas untuk menyeleksi daerah mana saja yang akan mendapat bantuan.
          Tempat Wisata di Kecamatan Watulimo, misalnya Pantai Prigi, Goa Lowo, dan sebagainya juga tidak lepas dari program pemerintah yang ingin mengembangkan pariwisata di Kabupaten Trenggalek. Menurut Bupati, langkah pertama yang harus ditempuh adalah membenahi obyek wisata yang kita miliki setelah itu baru mempromosikannya, bukan sebaliknya. Sehingga wisatawan yang datang ke Trenggalek akan membawa kesan baik dan diharapkan mampu menjadi kepanjangan tangan promosi wisata di Kabupaten Trenggalek.
           Dalam arisan ini, Kepala serta Sekretaris Desa juga berkesempatan untuk tanya jawab permasalahan di daerahnya masing-masing dengan Kepala Dinas terkait. Kebanyakan permasalahan yang dihadapi adalah terkait masalah infrastruktur jalan dan jembatan, penambahan Alokasi Dana Desa (ADD) serta pengembangan daerah wisata di Kecamatan Watulimo yang sebagian lahannya masih milik Perhutani. Arisan ini diakhiri dengan pengundian lotre yang jatuh pada Sekdes Pakel Sukirman yang akan menjadi tuan rumah pada arisan bulan februari mendatang. (end)
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s