>Budhe Karwo Kunjungi Balita Gizi Buruk

>

                  Masih dalam rangkaian Kunjungan Kerja Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur dalam rangka monitoring dan eveluasi penanggulangan gizi buruk/kurang pada balita di Kabupaten Trenggalek, Kamis, 6 Januari 2011, Ny. Nina Soekarwo, atau lebih akrab dipanggil Budhe Karwo,  menyempatkan diri mengunjungi salah satu  balita penderita  gizi buruk/kurang atas nama Dede Eko Prasetyo, putra pasangan  Sumadi dan Riyatin yang berdomisili di Dusun Kebon RT 8/RW 3 Desa Wonorejo Kecamatan Gandusari.
                Balita yang lahir dengan berat badan 3,20 Kg tersebut kini berusia 52 bulan, namun berat badannya hanya 7,1 Kg, padahal idealnya sekitar 15 Kg. Menurut Kepala Puskesmas Gandusari, dr. Malukyanto, selain menderita gizi buruk, ketika lahir balita tersebut sudah membawa kelainan, yaitu kelemahan saraf otak  sehingga sering kejang-kejang. Hingga umur 52 bulan ini, balita malang tersebut hanya bisa berbaring lemas, sehingga  semuanya tergantung orang tua  Padahal ketika hamil tidak ada keluhan dan rutin periksa ke bidan desa lanjut dr. Malukyanto.
                Pada tahun 2009, balita yang bapaknya sedang merantau ke perkebunan Sawit di negeri jiran Malaysia ini pernah dibawa ke RSUD dr. Soedomo Trenggalek untuk mendapatkan perawatan. Berhubung keterbatasan peralatan, balita Dede Eko Prasetyo dirujuk ke RSUD dr. Soetomo Surabaya untuk mendapatkan lebih lanjut, namun waktu itu keluarga merasa keberatan sehingga dibawa pulang.
                Budhe Karwo sangat prihatin dan kasihan melihat  penderitaan Dede Eko Prasetyo.dan dengan kasih sayang, balita tersebut digendong. Kepada orang tua balita malang tersebut, Budhe Karwo meminta agar bersedia bila anaknya dirujuk ke RSUD dr. Soetomo Surabaya untuk mendapatkan perawatan, guna mengurangi penderitaan yang dialami Dede Eko Prasetyo. Budhe Karwo akan berupaya untuk memfasilitasi perawatan Dede Eko Prasetyo, apalagi orang tuanya pemegang kartu JPS.
                Kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, dr. Sugito Teguh, Budhe Karwo meminta agar balita tersebut dibantu untuk mendapatkan pelayanan pengobatan di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Dan secara spontan, Budhe Karwo memberikan bantuan uang kepada Ibu Dede Eko Prasetyo  disamping satu paket bantuan untuk balita dengan gizi buruk yang terdiri dari 2 dus susu SGM 900 gram, 1 dus susu SGM 300 gram, 2 dus susu SGM 150 gram dan 3 dus biskuit promina [ys].
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s