>Pemaparan Program Kartika Soekarno Foundation (KSF) dalam Rangka Kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek

>

Dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil kerjasama program kemitraan antara Kartika Soekarno Foundation (KSF) dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang telah dilaksanakan di II gugus Kecamatan yaitu Gandusari dan Durenan selama 2 Tahun, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Pendidikan melaksanakan Pemaparan Program Kartika Soekarno Foundation (KSF) bertempat di Gedung Bhawarasa pada Selasa, 4 Januari 2011.

Dihadiri oleh Wakil Bupati Trenggalek, Kholik, SH, M.SI dan diikuti oleh seluruh Ketua UDP se Kabupaten Trenggalek serta seluruh Kepala Sekolah di Dua Gugus Sekolah, acara tersebut diharapkan mampu membentuk lingkungan belajar yang kondusif bagi peserta didik khususnya siswa di sekolah Dasar serta teraplikasinya alternative sistem belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, M.Si selaku Ketua Pelaksana.

Dalam laporannya, Drs. Kusprigianto, M.Si juga memaparkan bahwa program kerjasama KSF dengan Pemkab Trenggalek telah mengembangkan konsep Manajemen Berbasis Sekolah di dua Gugus Sekolah, di masing – masing gugus ada 9 sekolah yang menjadi binaan KSF.

Senada dengan yang disampaikan oleh Drs. Kusprigianto, M.Si, Direktur KSF Indonesia Moh.Luthfi mengungkapkan dari 79 Sekolah Dasar di Jawa Timur yang mendapatkan bantuan kemitraan dari KSF dari Kabupaten Trenggalek sebanyak 18 Sekolah Dasar yang tersebar di dua Kecamatan yaitu Gandusari dan Durenan. Di tahun ketiga yang artinya tahun terakhir terlaksananya program ini, KSF melalui Direktur KSF Indonesia mengungkapkan bahwa untuk kedepannya Yayasan KSF siap memberikan bantuan dalam bentuk bantuan teknis.

Sementara itu, Wakil Bupati Trenggalek dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kartika Soekarno Foundation (KSF) atas peran sertanya untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek.

Terkait dengan hasil kemitraan Pemkab Trenggalek dengan yayasan KSF dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran di dua Gugus Sekolah Dasar, Kholik, SH, M.SI mengungkapkan bahwa program tersebut telah terlaksanan dengan baik dan lancar sesuai rencana dan jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, guru yang mendapatkan pelatihan telah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode Pakem yaitu pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

“Supaya pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan dasar di Kabupaten Trenggalek segera tercapai, saya mengajak semua lapisan masyarakat(stake holders) untuk lebih peduli dan berperan aktif lagi guna mendukung kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Trenggalek” pungkas Bupati sekaligus mengakhiri sambutannya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s