>Pemkab Trenggalek Tanggap Banjir

>

Hujan yang sejak Minggu sore, 2 Januari 2011, mengguyur wilayah Trenggalek mengakibatkan terjadinya bencana banjir di 3 kecamatan yaitu Kec. Karangan, Kec. Suruh dan Kec. Tugu.

Menurut warga, di Desa Suruh dan Mlinjon Kecamatan Suruh, air mulai naik sekitar pukul 18.00 WIB, dan di Kec. Karangan, banjir menerjang desa Jati, Karangan, Kerjo, Salamrejo, Kedungsigit dan Sumberingin.
 
Bencana Banjir paling parah menerjang Desa Jati Kec. Karangan, dengan menelan satu korban jiwa a.n. Rudi Handoko, 35 tahun, dan merobohkan 2 rumah di RT. 03 dan 2 rumah di RT. 04 Desa Jati. Sedangkan di Desa Sumberingin, Jembatan yang menghubungkan Trenggalek dengan Kec. Karangan tiang penyangga tengahnya ambles sehingga membahayakan pengguna jalan.


Semalam, Ny. Penny Mulyadi, beserta Kepala Dinas Nakertransos dan Kepala Bakesbangpolinmas dan Asisten 2 Pemkab Trenggalek meninjau lokasi bencana di Kec. Suruh dan Karangan.

Menurut Camat Karangan, Dra. Hasnawati, untuk Desa Kerjo, korban bencana banjir sejumlah 354 KK 1166 jiwa, di Desa jati 1500 jiwa  dan di desa Salamrejo 600 jiwa.
Di Kec. Tugu, banjir melanda 3 desa yaitu Desa Dermosari, Desa Duren dan Desa Nglinggis. Menurut data sementara, di Desa Nglinggis, banjir menyebabkan 1 jembatan rusak total dan 2 rumah roboh, dan 2 rumah roboh di Desa Duren. Selain bencana banjir, di daerah Tugu juga terjadi bencana tanah longsor yang memutuskan jalur Trenggalek-Ponorogo. Tetapi pagi ini longsoran tanah sudah dibersihkan sehingga telah dapat dilewati kembali.

Sebagai tanggap darurat bencana banjir, Pemerintah Kabupaten Trenggalek telah melakukan langkah penyelamatan jiwa manusia melalui tagana, membuat dapur umum dan menyuplai air bersih sebanyak 5 tangki. Karena di lokasi bencana tidak dimungkinkan dididirikan dapur umum dan warga belum siap untuk memasak sendiri, maka Pemkab belum mengirimkan sembako ke lokasi bencana, sedangkan dapur umum didirikan di Trenggalek dan dikirim ke lokasi bencana dalam keadaan siap makan.

Pagi ini (3/1) Bupati Trenggalek beserta rombongan meninjau lokasi banjir di Kec. Karangan dan Kec. Tugu. Dalam kunjungannya tersebut Bupati menyerahkan bantuan spontan masing-masing sebesar 1 juta kepada keluarga korban yang meninggal dunia dan 1 keluarga yang rumahnya roboh oleh banjir di Desa Jati. Dan di Desa Nglinggis dan Desa Duren, Bupati juga menyerahkan bantuan spontan masing-masing 1 juta kepada 4 rumah yang roboh akibat banjir.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s