>Sosialisasi Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebagai Pajak Daerah sesuai UU No.28 Th 2009

>

Sosialisasi terhadap UU No.28 Th 2009 tentang Pengalihan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebagai Pajak Daerah diadakan pada Kamis, 30 Desember 2010 bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek. Bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tulungagung, sosialisasi ini dihadiri oleh Wakil Bupati Trenggalek, Asisten Pemerintahan serta Kepala DPPKAD.

Sesuai dengan amanat UU No.28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan retribusi Daerah bahwa Pemerintah Kabupaten/Kota diberi kewenangan untuk memungut 11 jenis pajak, yaitu Pajak hotel, Pajak restoran, Pajak hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak mineral Bukan Logam dan Batuan, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan perkotaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan. Demikian disampaikan oleh Wakil Bupati Trenggalek, Kholik, SH, M.Si ketika membuka sambutannya.

Masih menurut Wakil Bupati, dari 11 jenis pajak tersebut 3 jenis pajak merupakan pajak baru bagi Pemerintah Kabupaten/Kota yaitu Pajak air Tanah, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan perkotaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan. Tujuan pengalihan dari pajak pusat ke pajak daerah adalah untuk pemberdayaan pemerintah daerah dalam melaksanakan tax empowering dan upaya untuk meningkatkan akuntabilitas pemerintah daerah dalam bidang perpajakan.
Terkait dengan pelaksanaan pengelolaan BPHTB tersebut, Wakil Bupati meminta seluruh stakeholders terkait untuk menyiapkan regulasi aturannya yaitu Perda dan Perbup BPHTB, organisasi pengelola dan sumber daya manusia, Validitas dan data NJOP, sarana dan prasarana, dan mengadakan sosialisasi kepada pihak yang terkait.

Mengakhiri sambutannya, wakil Bupati berpesan kepada semua pihak yang terkait khususnya PPAT dan Kepala BPN untuk memberikan dukungan, sehingga pelaksanaan BPHTB di daerah dapat berjalan lancar dan sukses.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s