>Rapat Paripurna Dengan Agenda Persetujuan/Penetapan Ranperda APBD Kabupaten Trenggalek Tahun Anggaran 2011 Menjadi Perda Dan 5 Ranperda Menjadi Perda Kabupaten Trenggalek

>

Rabu, 29 Desember 2010, bertempat di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Trenggalek kembali digelar Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Trenggalek dengan 2 (dua) agenda penting yakni pengesahan/persetujuan Ranperda APBD Kabupaten Trenggalek  TA. 2011 menjadi Peraturan Daerah dan pengesahan/persetujuan 5 (lima) Ranperda menjadi Peraturan Daerah (Perda). Dipimpin oleh S. Akbar Abbas, SE, MM, Rapat Paripurna ini dihadiri oleh Bupati Trenggalek, Wakil Bupati Trenggalek, Kepala Pengadilan Negeri Trenggalek, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala SKPD lingkup Pemkab Trenggalek dan Ketua Organisasi Wanita Kabupaten Trenggalek.
Juru Bicara Panitia Khusus I, H.A Djauzi Turseno, S.Sos, MM mengungkapkan bahwa Pansus yang beranggotakan 13 orang tersebut telah membahas 3 Ranperda yaitu Ranperda tentang Perlindungan, Pembinaan Pasar Tradisional dan Penataan Pasar Modern dan Toko Modern, Ranperda tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai lembaga lain Kabupaten Trenggalek dan Ranperda Perubahan atas Perda Nomor 4 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Bappeda dan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Trenggalek.
Sementara itu, Pansus II melalui juru bicaranya Alwi Baharudin menyampaikan bahwa Pansus II telah melakukan pembahasan terhadap 2 (dua) Ranperda yakni Ranperda tentang Penataan, Pembangunan dan Pengoperasian Menara Telekomunikasi di Kabupaten Trenggalek dan Ranperda tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.
Ke-enam fraksi pada prinsipnya dapat menyetujui Ranperda tentang APBD Kabupaten Trenggalek Tahun 2011 ditetapkan menjadi Perda. Selain itu, 5 (lima) Ranperda yang telah dibahas oleh Pansus I dan II bersama eksekutif juga disetujui untuk ditetapkan menjadi Perda dengan bebarapa catatan penting.
Dalam pendapat akhirnya, Fraksi Partai Demokrat menyoroti masalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang belum ditetapkan sesuai dengan potensi yang riil, untuk ke depannya fraksi ini meminta agar penentuan besaran PAD harus lebih detail.
Selanjutnya, terkait dengan 5 (lima) Ranperda yang baru saja ditetapkan menjadi Perda,  melalui juru bicaranya, Fraksi Karya Nasional meminta agar kelima Perda ini segera disosialisasikan kepada masyarakat sehingga pada waktu diimplementasikan tidak akan menemukan banyak masalah.
Sementara itu, Fraksi Amanat Patriot Rakyat Indonesia (APRI) dalam kesempatan ini meminta agar ke depan pembahasan APBD harus lebih cermat dan akurat, dan juga dilengkapi dengan dokumen penyusunan APBD. Selain itu, Fraksi APRI meminta pelayanan kepada masyarakat menjadi parameter utama sebagaimana cita – cita pembangunan pro rakyat.
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui juru bicaranya, memberikan apresiasi terhadap peningkatan besaran anggaran untuk sektor pariwisata, pertanian dan peternakan. Selain itu Fraksi PKS juga mengingatkan agar PNS Pemkab Trenggalek lebih meningkkan semangat dan etos kerja.
Masih dalam kesempatan yang sama, Fraksi PKB melalui juru bicaranya meminta agar penyertaan modal 1 Milyard kepada PDAM agar segera dilengkapi dengan payung hukumnya, Fraksi PKB juga mengingatkan agar pelayanan di kantor perizinan bisa dimaksimalkan baik bagi pengusaha dari luar daerah maupun dari Trenggalek sendiri.
Fraksi PDIP dalam pendapat akhirnya meminta agar Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) agar diprioritaskan pada perbaikan infrastruktur jalan desa dan terkait dengan dengan dana hibah Masjid Agung agar dilaksanakan lebih awal sehingga segera dapat dilaksanakan proses pembayarannya. Fraksi PDIP juga meminta Bupati dan jajaran eksekutif agar optimal dalam melaksanakan pengawasan eksekutif.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s