>PERESMIAN JEMBATAN DARI DANA PNPM-MP DI DESA DEPOK BENDUNGAN

>

Keberadaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) di Desa Depok Kec. BendunganTrenggalek telah membuahkan hasil. Ini terbukti dengan telah diresmikannya jalan rabat dan jembatan baru di desa Depok oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek pada hari Rabu, 15 Nopember 2010. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Satuan Kerja terkait, Muspika Bendungan, Tokoh Masyarakat dan warga setempat.
Menurut Kepala Desa Depok, Sugeng Asmoro, kegiatan ini merupakan wujud syukur masyarakat atas telah diselesaikannya pembangunan jalan rabat dan jembatan di desa tersebut. Pembangunan Jalan rabat sepanjang 800 meter x 3 meter dan jembatan sepanjang 12 x 2,5 meter dengan tinggi 4 meter telah menghabiskan dana sebesar 357 juta yang berasal dari PNPM-MP sejumlah 330 juta dan swadana sejumlah 27 juta. Jematan tersebut menghubungakan RT 1 dan RT 4 dan 5 di dusun Suko Desa Depok.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Depok juga mengungkapkan aspirasi rakyat diantaranya meminta perbaikan dan pemeliharaan Jalan Depok-Bendungan yang telah mengalami kerusakan selama 6 tahun. Selain itu, di dusun Joho desa Depok terdapat Sd terpencil yaitu SDN 2 Depok, dan alkses jalan menuju SD tersebut sulit untuk dilalui. Oleh karena itu, Kepala Desa Depok memohon kepada Pemerintah Kabupaten untuk memperbaiki jalan tersebut untuk memperlancar Proses Belajar Mengajar. Demikian juga rencana Jalan lingkar Suko-Gilang-Jaban mohon untuk diteruskan. Sedangkan untuk dusun Banaran dan Joho yang hingga saat ini belum teraliri arus listrik, Sugeng Asmoro memohon bantuan kepada Pemerintah Kabupaten untuk memfasilitasi agar listrik dapat segera masuk daerah tersebut.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah, Ir. Cipto Wiyono, M.Si menyatakan kebanggaannya atas pelaksanaan program PNPM karena hasilnya sangat bagus, baik jalan rabatnya maupun jembatannya. Khusus untuk jembatannya kualifikasinya sudah seperti Kabupaten. Menurut Sekda bila memakai jasa pemborong maka dana yang dihabiskan bisa mencapai 500 juta. 
Menanggapi aspirasi rakyat yang disampaikan oleh Kepala Desa Depok, Ir. Cipto Wiyono, M.Si memerintahkan kepada Kepala Dinas Binamarga dan Pengairan yang hadir pada kesempatan tersebut untuk memperbaiki Jalan Depok-Bendungan pada Tahun Anggaran 2011. Bila tidak cukup secara keseluruhan, bisa dilakukan secara bertahap. Terkait dengan jalan menuju SD terpencil di desa tersebut, Sekda berharap agar menggunakan dana yang masuk ke desa yaiyu melalui PNPM atau bantuan langsung dari masyarakat. Dan untuk memperbaiki bangunan SD yang rusak, Sekda meminta Dinas Pendidikan agar mangalokasikan dana untuk hal tersebut. Karena untuk tahun 2011 telah disediakan dana sejumlah 73M dari DAK untuk rehab sekolah. 
Pada akhir sambutannya, Sekda berpesan agar saat ini kita selalu waspada terhadap kondisi alam yang tidak menentu. Selanjutnnya Sekretaris daerah berkenan meresmikan jembatan yang ditandai dengan pengucuran air kendi di sepanjang jembatan.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s