>Sekda Buka Sosialisasi Pengembangan Kelompok Budaya Kerja (KBK)

>

Sosialisasi Pengembangan Kelompok Budaya Kerja (KBK) yang digagas oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Trenggalek merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002 tentang Pedoman Pengembangan Budaya Kerja Aparatur dan Instruksi Gubernur Jawa Timur Nomor 4 Tahun 2002 tentang pelaksanaan Program Budaya Kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dimana  kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se Jawa Timur yang belum membentuk Kelompok Budaya Kerja dihimbau agar segera membentuk Kelompok Budaya Kerja (KBK) dan memberikan bimbingan teknis tata cara pembuatan risalah sebagai upaya melakukan perbaikan dan melaksanakan tugas dan fungsi dari masingmasing SKPD.
Sosialisasi Pengembangan KBK ini diselenggarakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 13-14 Desember 2010 bertempat di Graha Bhawarasa dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Ir. Cipto Wiyono, M.Si. Sebagai narasumber, Bapak Ir. Putro Triono dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur.
Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Trenggalek, Drs. Abu Mansur, M.Si, teknis pelaksanaan sosialisasi ini dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama diikuti oleh seluruh Kepala SKPD dan Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah yaitu pada tanggal 13 Desember 2010 mulai pukul 08.00 – 11.30 WIB. Sedangkan tahap kedua diikuti oleh perwakilan pejabat eselon dari setiap SKPD setelah tahap pertama selesai dilanjutkan hari esoknya tanggal 14 Desember 2010.
Maksud dari sosialisasi ini, lanjut Drs. Abu Mansur, M.Si, adalah sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas dan kinerja pemerintah dalam rangka percepatan reformasi birokrasi untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik ( good governance ). Sedangkan tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada para peserta bahwa budaya kerja merupakan daya dorong untuk menuntun perilaku seseorang, setidaknya akan membantu aparatur negara mengerjakan tugas penyelenggaraan pemerintah secara lebih baik, dan terpola.
Dalam Sambutan Bupati Trenggalek yang disampaikan Sekretaris Daerah, Ir. Cipto Wiyono, M.Si. mendorong kepada PNS sebagai aparatur pemerintah untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat dengan melakukan perubahanperubahan yang terarah pada terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance ). “Untuk mewujudkan hal itu perlu adanya peningkatan kinerja aparatur antara lain dengan menumbuhkembangkan etos kerja, tanggung jawab serta meningkatkan produktifitas kerja dan kinerja pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui program budaya kerja, yang keberhasilan pelaksanaannya sangat tergantung pada komitmen para pimpinan”, lanjutnya.
Selain itu, beliau mengharapkan setelah mengikuti acara sosialisasi ini peserta dapat memahami nilai-nilai budaya kerja dan tentunya sangat diharapkan budaya kerja ini bukan hanya sebagai wacana, melainkan benarbenar bisa terwujud dalam kehidupan nyata Aparatur Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang diawali dengan pembentukan Kelompok Budaya Kerja (KBK) pada Instansi masing-masing dan dilanjutkan dengan action plan pada tahun 2011 dari KBK yang sudah terbentuk. 
This entry was posted in Bagian Organisasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s