>Dinas Kesehatan Gelar Pemeriksaan Produk Makanan dan Minuman Dalam Kemasan

>

            Dalam rangka menyambut datangnya Hari Natal 2010 dan Tahun Baru 2011, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Koperasi Industri Perdagangan Pertambangan dan Energi, Satpol – PP, Bagian Perekonomian dan Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Trenggalek menggelar sidak pemeriksaan produk makanan dan minuman dalam kemasan yang tidak memenuhi syarat di beberapa kios, toko dan swalayan. Pemeriksaan yang sifatnya sebagai pembinaan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 1 dan 2 Desember 2010. Pemeriksaan dilakukan oleh 2 tim berbeda yang beranggotakan dari masing-masing Instansi terkait. Tim 1 meliputi wilayah Kecamatan Trenggalek, Tugu, dan Watulimo sedangkan tim 2 meliputi wilayah Kecamatan Karangan, Pogalan, Dongko dan Panggul.
           Pedoman pemeriksaan didasari dari Kutipan UU Keamanan Pangan Tentang Produk Kemasan yang menyatakan bahwa “Setiap orang yang memproduksi atau memasukkan pangan yang dikemas ke dalam wilayah Indonesia untuk diperdagangkan, wajib mencantumkan label pada, di dalam dan atau di kemasan pangan”. Label sekurang-kurangnya mencantumkan nama produksi, daftar bahan yang digunakan/komposisi, berat/isi bersih, nama dan alamat pihak yang memproduksi, tanggal bulan tahun kadaluwarsa, kode produksi dan ijin edar. Selain itu pemeriksaaan harus memperhatikan kondisi fisik kemasan, yaitu tidak bocor, menggelembung, penyok dan karatan.

                Dari hasil pemeriksaan, terdapat banyak kios dan toko masih menjual produk yang tidak memenuhi syarat, antara lain : produk sudah kadaluwarsa, kemasan produk kaleng yang penyok, tidak mencantumkan nama dan alamat pihak yang memproduksi serta rusaknya produk kemasan karena penempatan barang yang kurang baik.

                Kebanyakan pemilik kios beralasan bahwa agen produk yang seharusnya menukarkan barang yang sudah kadaluwarsa tidak kunjung datang. Selain itu, beberapa juga tidak mengetahui bahwa kemasan kaleng yang sudah penyok dapat membahayakan kesehatan karena bagian dalam kaleng menjadi karatan.
                Sebaliknya, di beberapa swalayan sudah jarang ditemukan produk kemasan yang tidak memenuhi syarat. Hal ini terjadi karena sistem pengawasan produk dari pemilik swalayan sudah terstruktur dengan rapi dan teratur.
                Hasil dari pemeriksaan ini akan dirapatkan kembali oleh tim dari Dinas Kesehatan untuk diterbitkan Surat Rekomendasi kepada kios/toko/swalayan yang masih terdapat produk yang tidak memenuhi syarat dan akan dilaporkan kepada Bupati Trenggalek dan Balai Pengawas Obat dan Makanan.
This entry was posted in Dinas Kesehatan, Karangan, Panggul, Pogalan, Tugu, Watulimo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s