>Bupati Pimpin Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan Dinas/ Instansi Vertikal

>

Untuk pertama kalinya setelah menjabat sebagai Bupati Trenggalek masa bhakti  2010-2015, Dr. Ir.  Mulyadi WR, MMT menggelar Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan dinas/ instansi vertikal pada Kamis, 2 Desember 2010 bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek.  
Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati, Dr. Ir. Mulyadi WR, MMT dimaksudkan untuk  melakukan sinkronisasi program kerja Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang disesuaikan dengan visi dan misi Bupati  dan Wakil Bupati Trenggalek terpilih masa bhakti  2010-2015 dengan program kerja dinas/instansi  vertikal di Kabupaten Trenggalek, khususnya untuk tahun anggaran 2011.  
Sebelum mendengar berbagai masukan, saran dan  pendapat  dari masing –masing pimpinan dinas/instansi vertikal, Bup ati Trenggalek terlebih dahulu memaparkan berbagai hal yang akan dibahas dalam rapat koordinasi tersebut. Diantaranya mengenai Samsat, Bupati berharap untuk ke depan proses pelayanan registrasi  ulang  kendaraan bermotor dan pelayanan pajak bisa lebih diefektifkan, misalnya dengan ‘drive thru’  yang cukup memakan waktu 5 menit . Bupati mencontohkan, seperti pelayanan KTP yang dahulu proses pengurusannya harus melalui Dispendukcapil untuk sekarang bisa langsung diurus di Kecamatan.
Terkait dengan belum masuknya jaringan  listrik di salah satu dusun di Desa Pandean Kecamatan Dongko,  Bupati  meminta untuk  segera ditindaklanjuti oleh PLN.  Mengingat sebagian wilayah Kabupaten Trenggalek merupakan  daerah pegunungan, Bupati berharap  agar Perum Perhutani  melanjutkan  program penghijauan bekerja sama dengan masyarakat.  Dalam rangka mempertahankan keberadaan sumber air,  Bupati mengharapkan agar dalam radius 200 meter  dari sumber air  ditanami jenis pohon  yang bisa menyimpan air, misalnya  pohon trembesi, sehingga sumber air yang sudah mulai menghilang bisa terjaga kelestariannya.  
Mengingat masih  ditemukannya PNS lingkup Pemkab Trenggalek   yang melakukan perceraian tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin dari pejabat Pembina kepegawaian, yaitu Bupati Trenggalek,  Bupati meminta kepada Ketua Pengadilan Agama  Trenggalek  agar hal itu tidak terulang  lagi.  Selain itu, Bupati berpesan kepada Camat untuk lebih memahami situasi dan kondisi rakyat. Sehingga lebih tanggap terhadap permasalahan yang dihadapi oleh warganya.
Menyikapi tentang proses perijinan di KPPM yang masih dianggap rumit dalam birokrasinya, Bupati menyatakan bahwa saat ini sedang dilaksanakan perubahan regulasi tentang perijinan, sehingga ke depan pelayanan perijinan lebih cepat dan efektif.  Selanjutnya, KPPM  diharap tegas melayani perijinan, bila persyaratan belum lengkap maka dikembalikan saja untuk segera dilengkapi. Sehingga dokumen yang diterima sudah lengkap sehingga bisa dan mudah untuk diproses.
Selanjutnya, demi kelancaran pelaksanaan program  pembangunan untuk masa yang akan datang , Bupati memberikan kesempatan  kepada pimpinan instansi vertikal untuk menyampaikan  aspirasi dan saran sehingga bisa ditindaklanjuti untuk segera mendapatkan solusi .
Dalam kesempatan tersebut, Kepala  Badan Pertanahan Nasional, Najamudin,  mengungkapkan tentang terbatasnya SDM yang ada di daerah, khususnya  tukang ukur, sehingga  pelayanan  sertifikat tanah  tersendat. Melalui  melalui Rakor  ini, Najamuddin meminta bantuan tenaga pegawai kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek sehingga tugas BPN yang kompleks bisa tersolusikan. Menanggapi hal tersebut, Bupati  meminta kepada Kepala BPN untuk mengirimkan  permohonan  bantuan tenaga kepada Pemkab  Trenggalek . Sepanjang aturan memungkinkan, Bupati akan mempertimbangkan permohonan tersebut.
Sedangkan menanggapi permintaan Bupati  untuk pemasangan jaringan  listrik di Desa Pandean Kecamatan Dongko, perwakilan dari PLN, Supriadi mengungkapkan bahwa melalui program sejuta pelanggan, data tentang Desa Pandean sudah masuk ke Surabaya untuk segera ditindaklanjuti.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s