>Sosialisasi Penggunaan LPG yang Benar

>

Bekerjasama dengan Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (LPKNI) dan Inchristo “Sahabat GAS LPG”, Pemerintah Kabupaten Trenggalek mengadakan Sosialisasi penggunaan LPG yang benar di Pendopo Kabupaten Trenggalek pada hari Senin, 29 Nopember 2010. Hadir dalam sosialisasi tersebut Wakil Bupati Trenggalek, Direktur PT. Pertamina wilayah V Gas Domestik Jawa Timur, Direktur PT Sahabat Rubber Industri, Presiden Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia, Ketua dan pengurus Tim Penggerak PKK, Kepala Satuan Kerja se-Kab. Trenggalek, Kepala Desa/Kelurahan. 
Dalam laporannya, Kepala Dinas Koperindag Tamben, Drs. Hermanto menyatakan bahwa  sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana cara menggunakan kompor LPG dengan benar dan  memberikan rasa nyaman terhadap penggunaan LPG. Pada saat ini, di Indonesia telah ada 17 pabrik selang dan regulator ber-SNI. Untuk itu dalam waktu dekat diharapkan selang dan regulator yang telah digunakan akan ditarik dan diganti dengan selang dan regulator ber-SNI tersebut.
Dalam sambutan Bupati Trenggalek yang dibacakan oleh Wakil Bupati Trenggalek, Kholiq, SH, M.Si menyatakan bahwa dengan berbagai peristiwa kecelakaan penggunaan gas LPG saat ini bukanlah alasan untuk kembali menngunakan kayu bakar yang dapat menyebabkan tanaman atau hutan menjadi rusak atau minyak tanah yang harganya mahal karena tak disubsidi. Tetapi kita harus menjadikan konsumen menjadi cerdas dalam menggunakan LPG secara modern, aman dan nyaman.
Dalam hal ini, Pemerintah KabupatenTrenggalek mendukung LPKNI dalam melakukan segala upaya melindungi konsumen melalui kampanye mengajak konsumen menggunakan LPG secara aman dan mengawal pelaku usaha LPG dan asesorisnya untuk mematuhi UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terutama pasal 25 yang pada pokoknya setiap pelaku usaha yang barangnya digunakan konsumen lebih dari 1 tahun wajib ada garansi produk dan layanan purna jual. Kalau berbagai pihak saling dapat memahami tugas dan tanggungjawabnya, maka peristiwa kecelakaan menggunakan LPG dapat diminimalisir.
Pada akhir sambutannya, Wakil Bupati berharap semoga sosialisasi penggunaan LPG yang benar kepada masyarakat dapat terwujud dengan baik sesuai yang direncanakan demi kenyamanan dan keamanan penggunaan gas LPG.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s