>BUPATI SAMPAIKAN PENJELASAN RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG RPJPD KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2005-2025

>

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Trenggalek, pada hari Rabu, 3 November 2010 diselenggarakan Rapat Paripurna DPRD dengan acara Penyampaian nota penjelasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Trenggalek Tahun 2005-2025. Rapat Paripurna ini dipimpin oleh S. Akbar Abbas, SE, MM dan dihadiri oleh Bupati Trenggalek, Wakil Bupati Trenggalek, Kepala Pengadilan Negeri Trenggalek, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Kepala SKPD lingkup Pemkab Trenggalek serta 29 dari 44 anggota DPRD Kabupaten Trenggalek.

Dalam sambutannya Bupati Trenggalek menyatakan bahwa berdasarkan keinginan masyarakat akan adanya perubahan ke arah yang lebih baik serta Musrenbang RPJPD tanggal 21 Oktober 2010, maka disampaikan bahwa visi Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2005-2025 adalah “Mewujudkan Kabupaten Trenggalek Sejahtera dan Berakhlak.”

Selanjutnya, Bupati menyatakan bahwa dalam mewujudkan Visi tersebut, maka misi yang harus dilakukan adalah (1) Mengembangkan Perekonomian Berbasis Pertanian dengan Mengutamakan Agrobisnis; (2) Mewujudkan SDM yang Berkualitas, Berakhlak Mulia dan Berbudaya; (3) Mewujudkan Pembangunan yang Berkeadilan dan Kemudahan Masyarakat Memperoleh Akses untuk Meningkatkan Kualitas Hidup; (4) Mengoptimalkan Pemanfaatan SDA dengan Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup; (5) Mengembangkan Infrastruktur yang Mempunyai Nilai Tambah Tinggi; (6) Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dengan Berorientasi pada Pelayanan Publik yang Prima; dan (7) Mewujudkan Kabupaten Trenggalek berperan penting dalam Lingkungan Nasional.
Untuk melaksanakan visi dan misi tersebut perlu ditetapkan tahaban 5 tahunan. Kebijakan program dan kegiatan pada masing-masing tahaban mempunyai skala prioritas yang berbeda tetapi tetap berkesinambungan mulai dari penataan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan, dan pemantapan serta penyelarasan.
Sedangkan untuk membahas Peraturan Daerah tentang RPJPD Kabupaten Trenggalek tersebut, dalam Rapat Paripurna ini telah dibentuk Pansus yang beranggotakan 13 orang yang diberi tenggang waktu selama 5 hari mulai tanggal 4 November hingga 9 November 2010.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s