>KELOMPOK TANI GUYUB RUKUN MELAKSANAKAN PANEN PADI

>

Kelompok Tani Guyub Rukun, Desa Durenan Kec. Durenan yang beranggotakan 120 orang pada hari Rabu, 1 September 2010 telah melaksanakan Panen Padi bersama Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Dispertanhutbun) Kabupaten Trenggalek. Kelompok Tani tersebut mempunyai areal seluas 30 Hektar.
Pada Panen tahun ini ditanami padi jenis hibrida sembada B9 varietas unggul produk Biogene. Areal tersebut hanya dialiri aliran sungai kecil sepanjang 400 m dan yang diplengseng sepanjang 150 m. Demikian antara lain laporan dari ketua Kelompok Tani Guyub Rukun, H. Kholid. Lebih lanjut disampaikan bahwa pada panen musim kemarau (MK1) ini bisa menghasilkan 8,28 Ton per hektar, dengan demikian jumlah tersebut telah melampaui rata-rata hasil panen di Kabupaten Trenggalek sebesar 6,2 ton per hektar.
Kepala Dispertanhutbun, Ir. Joko Surono dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita wajib bersyukur karena panen MK1 ini masih bisa mencapai 8,28 ton per hektar. Apabila hasil ini bisa kita pertahankan, maka pada tahun 2010 diperkirakan akan mengalami peningkatan sebesar 14% , yang pada akhirnya stok pangan utamanya beras di Kab. Trenggalek sampai akhir 2010 dipastikan aman.
Lebih lanjut disampaikan apabila rencana pembangunan waduk di Kecamatan Tugu terwujud, Kecamatan Durenan menjadi Kecamatan terakhir yang merasakan dampak pengairan dari waduk tersebut. Sehingga petani Durenan tidak hanya bermain di usaha tani yakni hanya menanam dan memanen saja tetapi juga mampu menghasilkan prosuk olahan.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s