>Pemerintah Kabupaten Trenggalek Selenggarakan Lomba Lingkungan Hidup

>

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-65, Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Lingkungan Hidup menyelenggarakan Lomba lingkungan Hidup sekolah tingkat SLTP, SMA, dan SMK se-Kabupaten Trenggalek. Pada Kamis, 23 juli 2010, tim penilai yang terdiri dari tim dari Dinas Lingkungan Hidup, Perhutani, Dinas Perumahan, Pemukiman dan kebersihan (Perkimsih), serta Dinas Kesehatan melakukan penilaian ke lapangan untuk menilai secara langsung sekolah- sekolah yang ada di Kecamatan Karangan.

Tim penilai yang terdiri dari 5(Lima) orang tersebut meninjau langsung kondisi lingkungan di sekolah- sekolah tersebut untuk melakukan penilaian meliputi aspek kebersihan, keindahan dan keteduhan lingkungan. Menurut Sugeng Prasisto, salah satu tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup, maksud diadakan lomba ini selain menyemarakkan HUT Republik Indonesia ke-65 juga sebagai sarana untuk menghasilkan sekolah sehat, sehingga akan tercipta kondisi belajar mengajar yang nyaman. Selain itu, keteduhan lingkungan sekolah menjadi salah satu aspek yang ingin dicapai dalam lomba.

Tim penilai dalam kesempatan kali ini melakukan sidak langsung ke beberapa sekolah tingkat SLTP, SLTA dan SMK di Kecamatan Karangan diantaranya SMP 2 Karangan,SMP 2 Tugu, SMP 3 Tugu, SMK Khomarul Hidayah, SMA 1 Tugu serta SMP 1 Karangan. Berdasar informasi dari Sunariadi, tim penilai dari Dinas Perkimsih, sekolah yang dianggap dan berkans besar untuk menang dalam lomba Lingkungan Hidup Sekolah setidaknya harus memenuhi beberapa syarat yaitu pengelolaan sampah, pengelolaan kebersihan, serta keteduhan dan keindahan lingkungan dalam lomba lingkungan hidup sekolah.

Untuk poin pengelolaan sampah, sekolah harus memiliki tempat pembuangan sampah sementara, tempat sampah dan sampah telah terkumpul dalam satu lokasi. Sedangkan dalam aspek pengelolaan kebersihan, sekolah diharapkan sudah melakukan perawatan WC dan kamar mandi, memperhatikan kebersihan lingkungan sekolah serta melakukan perawatan saluran pembuangan (drainase). Sementara itu, dari aspek keteduhan dan keindahan lingkungan, tim penilai akan memperhatikan sebaran pohon peneduh, kelebatan daun dan bunga ditanam, kerapian tanaman hias serta kerapian lingkungan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s