>PIKR TRENGGALEK RAIH JUARA 1 NASIONAL

>

Bupati Trenggalek, H. Soeharto, yang akan mengakhiri jabatannya pada tanggal 3 Oktober 2010 mendatang mendapatkan kado istimewa. Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja [PIKR] dibawah binaan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana [BPPKB] Kabupaten Trenggalek berhasil meraih Juara I Nasional dalam lomba PIKR.
Kepala BPPKB Kabupaten Trenggalek, Drs. Ali Mustofa, M.Si. menjelaskan bahwa setelah menunggu selama kurang lebih 10 tahun, Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja [PIKR] Trenggalek yang selanjutnya lebih populer dengan nama Tik@r (Tongkrongan Informasi dan Konsultasi Remaja), akhirnya berhasil meraih juara 1 Nasional dalam kategori Tegar setelah meyingkirkan tim dari Jabar, Jateng, Jogjakarta dan Kalimantan. Sebelumnya, penilaian tingkat nasional telah dilaksanakan pada Sabtu, 1 Mei 2010 yang lalu. Tim penilai melakukan penilaian langsung di markas Tik@r Trenggalek, Jl. Dr. Sutomo 29 Trenggalek.
Sementara itu, Ketua Tik@r, Istingadah, menjelaskan alasan terpilihnya Tik@r sehingga mampu menyabet Jawara Nasional. Menurut Istingadah, ada empat point penting, yaitu pertama adanya pembekalan life skill yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005 bagi anggota Tik@r untuk pemberdayaan generasi muda menyongsong masa depan. Yang kedua, Tik@r memiliki program tentang kesehatan produksi yang diakronimkan menjadi kakang-Mbakyu kespro. “Program inilah yang menjadi salah satu faktor Tik@r unggul dari empat pesaing lainnya”. Jelasnya.

Ketiga, lembaga yang berdiri sejak tahun 2000 ini memiliki konselor yang melebihi standard yakni ada 6 konselor, padahal minimal ada 4 orang konselor. Untuk faktor terakhir yaitu yang keempat, lembaga non pemerintah ini memiliki diklat pendidik sebaya mandiri. “Bahkan daerah Blitar belajar ke Youth Partnership Center Tik@r”ungkapnya.

Masih menurut Istingadah, dengan berhasilnya Tik@r meraih Juara tingkat Nasional, lembaga yang mempunyai slogan we know, we care, we act ini berharap mampu memberikan kontribusi lebih untuk generasi muda di Kabupaten Trenggalek khususnya terkait dengan kesehatan reproduksi dan pemberdayaan diri.

Terhadap prestasi yang diraih Tik@ar tersebut, Bupati Trenggalek menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya. “Semoga prestasi ini bisa mendatangkan dampak positif bagi pemuda di Trenggalek, sehingga terhindar dari hal-hal yang merugikan masa depannya” harap Bupati .
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to >PIKR TRENGGALEK RAIH JUARA 1 NASIONAL

  1. prio says:

    >Selamat rekan2 Tikar. Maju terus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s