>Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa Masaran Dinilai Tim Penilai PSM Provinsi Jawa Timur

>

Tim penilai pekerja sosial masyarakat(PSM) provinsi Jawa Timur, Senin [ 5 Juli 2010] melakukan kunjungan ke Desa Masaran, Kecamatan Munjungan dalam rangka melakukan proses penilaian terhadap Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) desa Masaran. Tim penilai dari Provinsi Jawa Timur itu diterima secara resmi di Balai Desa Masaran Kecamatan Munjungan. Acara tersebut dihadiri oleh Camat Munjungan, jajaran perangkat desa Masaran serta 4(empat) orang perwakilan dari Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans).

Dalam sambutannya, Camat Munjungan, Drs.Joko Susanto berharap proses penilaian terhadap Pekerja Sosial Masyarakat(TPM) bisa berjalan lancar. Tidak lupa, kepada Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa Masaran, Drs. Joko Susanto berpesan untuk menjaga konsistensi dalam rangka penanganan masalah sosial yang ada di masyarakat serta meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait.

Sedangkan Ketua Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa Masaran, Kecamatan Munjungan, Khairul Anam turut memaparkan beberapa kontribusi positif yang telah berhasil ditangani oleh PSM untuk penyandang masalah yang ada di desa Masaran. Menurut Khairul Anam PSM yang lahir dari sebuah panggilan hati dan bentuk rasa syukur dan tanggung jawab sosial ini memprioritaskan kegiatannya untuk penanganan masalah diantaranya penyandang cacat (paca), anak yatim dan terlantar, rumah tak layak huni, lansia produktif, keluarga fakir miskin dan wanita rawan sosial ekonomi.

Dengan menggunakan metode penanganan PMKS melalui system Bottom up dan tersembunyi, PSM ini telah berhasil melakukan beberapa hal yang patut kita apresiasi diantaranya untuk kategori penanganan fakir miskin, PSM desa Masaran telah mampu memberikan bantuan 20 ekor kambing pada Kube Fakmis yang saat ini masih berjalan sistem pergulirannya dan berkembang menjadi koperasi kube al-hikmah. Selain itu, telah dilakukan kerja sama dengan TKSM, Donatur atau Kelompok masyarakat lainnya untuk menyantuni anak yatim yang rentan terlantar. Tidak kalah pentingnya, menurut paparan dari Khairul Anam, PSM ini juga telah berhasil melakukan plesterisasi rumah P. Supriyanto RT 35/07 Ds. Masaran yang kondisinya cukup memprihatinkan. ā€œ PSM desa Masaran, alhamdulillah juga telah melakukan kegiatan penyantunan anak di SD Masaran I,II dan MI Masaran Iā€ tandasnya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s