>TANAH LONGSOR LANDA DUSUN BRENGGOLO DESA SUKOSARI TRENGGALEK

>

Akibat hujan yang turun terus-menerus dan kondisi tanah yang labil di lereng bukit, pada hari Sabtu sore tanggal 29 Mei 2010 sekitar pukul 16.30 WIB terjadi tanah longsor di Dusun Brenggolo, RT 3A Desa Sukosari Kecamatan Trenggalek. Akibat longsoran tersebut, dapur dan kandang ternak Musidi [60 tahun] hancur total dan tembok rumahnya jebol. Material longsoran berupa bebatuan dan tanah liat juga mengancam keberadaan rumah Sabar [50 tahun], karena jarak longsoran dengan rumah tinggal satu meter saja. Selain 2 rumah tersebut, 9 rumah lainnya rawan terkena tanah longsor, karena terdapat rekahan tanah memanjang ekitar 50 meter di samping rumah mereka, tepatnya di lereng bukit Tumpak Waung yang berada di kaki Gunung Wilis tersebut.

Menyikapi kondisi tersebut, warga dibantu petugas dari Tagana dan Dinas Nakertransos Kabupaten Trenggalek berupaya menyelamatkan diri dengan mengungsi di Mushola yang lokasinya cukup aman. Sehingga pada malam harinya warga yang rumahnya rawan terkena tanah longsor sejumlah 11 KK yang terdiri dari 32 jiwa tidur di Mushola dan di tempat tersebut disiapkan dapur umum oleh petugas dari Dinas Nakertransos Kabupaten Trenggalek.

Dalam rangka meminimalkan resiko terjadinya tanah longsor, Minggu pagi tanggal 30 Mei 2010 warga setempat dipandu oleh Kades Sukosari, Susantiaji, secara gotong royong mengalihkan aliran air yang melintasi kawasan yang rawan longsor. Selain itu, warga berusaha menyelamatkan harta bendanya ke tempat lain, sehingga apabila terjadi longsoran kerugian dapat diminimalkan [ys]

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s