>Bupati Trenggalek Sambut Studi Banding Cassava Pemprov Kalimantan Selatan

>

Kedatangan rombongan dinas pertanian tanaman pangan dan holtikultura propinsi Kalimantan Selatan disambut oleh Bupati Trenggalek H. Soeharto, Selasa (26/5) bertempat di gedung Bhawarasa. Rombongan yang terdiri dari kepala dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura serta beberapa pelaku usaha itu bermaksud melakukan studi banding Cassava di kabupaten Trenggalek.

Kepopuleran Cassava dari Kabupaten Trenggalek sudah mulai diakui di kancah Nasional dilihat dari berbagai daerah yang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Trenggalek seperti BKP (Badan Ketahanan Pangan) Pemprov Lampung beberapa waktu yang lalu. Dalam kesempatan itu, kepala rombongan dari Dinas Pertanian Kalimantan Selatan , Vitaria Siregar, menyatakan keinginan provinsi Kalimantan Selatan untuk belajar dari Kabupaten Trenggalek bagaimana mengatasi ketergantungan beras. Sehingga, kata Dia kita dapat memanfaatkan ubi kayu sebagai alternatif bahan dasar pembuatan berbagai jenis makanan.

Tak kalah pentingnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan melakukan pelatihan langsung dengan mengikutkan sekitar dua orang pelaku usaha untuk tinggal di Trenggalek dalam beberapa hari. Sementara itu, Bupati Trenggalek dalam sambutannya berharap kegiatan ini bisa membawa hasil dan menghasilkan program-program dengan sukses. Sehingga, lanjut dia, esensi dari cassava untuk bisa menggantikan substitusi beras bisa tercapai.

Selain itu, H.soeharto menyebutkan beberapa prestasi Kabupaten Trenggalek yang berhasil diraih terkait dengan tepung cassava diantaranya meraih juara I International Food Expo 2008 dalam rangka Hari Pangan Sedunia Tahun 2008 yang diselenggarakan di Bandung. Serta berhasil mempertahankan juara I yang diraih pada tahun sebelumnya yang diselengarakan di Prambanan, Yogyakarta, 12-15 Oktober 2009, dengan mengusung tema “Siapa Takut Tanpa Beras”

Selanjutnya, rombongan dari Provinsi Kalimantan Selatan tersebut melanjutkan kunjungan ke PT Bangkit Cassava Mandiri yang terletak di Desa Kerjo kecamatan Karangan untuk meninjau secara langsung proses pengolahan Cassava.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s