>PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-102 KABUPATEN TRENGGALEK

>

Kabupaten Trenggalek peringati Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) Kamis(20/5) di halaman pendopo Kabupaten Trenggalek. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Trenggalek, H. Makhsun Ismail, S.Ag.

Menteri Komunikasi dan Informatika Ir. H. Tifatul Sembiring dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Trenggalek memaparkan beberapa amanatnya dalam menafsirkan HARKITNAS kali ini. Mengambil tema “Dengan semangat kebangkitan nasional kita tingkatkan ketahanan masyarakat dalam kerangka NKRI” diharapkan mampu membangkitkan ketahanan nasional dan karakter kebangsaan. “Ketahanan masyarakat ( social resilience) pada dasarnya merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan ketahanan bangsa” ungkap Dia. Ketahanan bangsa, lanjutnya, sangat ditentukan oleh kekuatan karakter kebangsaan masyarakat.

Yang patut kita renungkan bersama bahwasanya pembangunan karakter bangsa tersebut perlu kontribusi aktif dari seluruh rakyat Indonesia. Menurut Ir. H. Tifatul sembiring pembangunan karakter bangsa setidaknya harus mencakup empat lingkup besar yaitu lingkup keluarga, lingkup pendidikan, lingkup masyarakat dan lingkup pemerintahan. Apabila ke-empat lingkup tersebut, ungkap Dia, dapat berjalan sesuai fungsinya masing-masing, maka secara bertahap kita akan dapat menemukan keberhasilan dalam pembangunan karakter bangsa kita.

Mengakhiri sambutannya, Menteri Komunikasi dan Informatika mengajak seluruh komponen bangsa untuk memanfaatkan moment kebangkitan nasional untuk mengatasi masalah kemiskinan, pengangguran, korupsi serta lemahnya penegakan hukum. “ Saat ini, keyakinan itu harus kita bangkitkan kembali dengan sumberdaya yang tersedia melalui kerja keras, kita akan mampu melawan dan menyelesaikan persoalan yang kita hadapi” Ujar Ir. H. Tifatul Sembiring.

Setelah upacara berakhir, Wakil Bupati beserta jajaran pejabat di lingkup-Kabupaten Trenggalek melanjutkan ziarah ke makam Pahlawan sebagai upaya mengenang jasa Pahlawan dan salah satu bentuk apresiasi kita terhadap pahlawan bangsa.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s