>PEMBUKAAN LOMBA TINGKAT III TAHUN 2010 DI KABUPATEN TRENGGALEK

>


Bertempat di Bumi Perkemahan Ngegong Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan, Wakil Bupati Trenggalek, Mahsun Isma’il, S. Ag, MM, membuka secara resmi Lomba Tingkat III Tahun 2010 di Kabupaten Trenggalek pada Sabtu, 17 April 2010. Lomba ini diikuti oleh kontingen ranting se – Kabupaten Trenggalek.

Lomba Tingkat adalah ajang adu prestasi Pramuka Penggalang se – Kabupaten yang diselenggarakan dengan rentan waktu yang ditetapkan dan merupakan even lomba yang pelaksanaannya berjenjang, mulai dari Lomba Tingkat I ditingkat Gugus Depan, Lomba Tingkat II yang dilaksanakan oleh Kwartir Ranting (Tingkat Kecamatan), Lomba Tingkat III yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Tingkat Kabupaten), Lomba Tingkat IV yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah (Tingkat Jawa Timur) dengan even puncak Lomba Tingkat V yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Tingkat Nasional), ini semacam ajang seleksi Pramuka Penggalang Berprestasi. Dan dari Lomba Tingkat III akan dipilih Regu Berprestasi, 1 Regu Terbaik Putra dan 1 Regu Terbaik Putri yang nantinya akan menjadi Duta Kabupaten Trenggalek di Ajang Lomba Tingkat IV yang akan dilaksanakan oleh Kwarda Jawa Timur pada bulan Juli 2010, demikian disampaikan Wakil Bupati Trenggalek dalam sambutannya.

Lomba Tingkat III kali ini dirancang sedemikian rupa sehingga diusahakan sebagai training pelaksanaan Lomba Tingkat IV. Mata lomba disesuaikan dengan materi yang akan dilombakan di Tingkat Daerah. Peserta dirangsang untuk mandiri, dengan konsep tata kemah “swakelola”. Pengeloaan perkemahan dilakukan sendiri oleh peserta, dengan meminimalkan keterlibatan pembina maupun pimpinan kontingen dalam kegiatan yang dijalani oleh peserta. Bukan dimaksudkan untuk mempersulit peserta, malah ditujukan untuk menumbuhkan jiwa kebersamaan yang tinggi antar peserta baik di dalam regu maupun diluar regunya masing – masing.

Lebih lanjut Wakil Bupati berharap Lomba Tingkat III ini dapat dijadikan sebagai ajang menerapkan ilmu yang telah diperoleh di Gugus Depan masing – masing dan juga sebagai tolak ukur kemampuan pribadi dan regu.

Target menjadi juara patutlah disematkan di hati masing – masing peserta sebagai motivator, namun harus diingat kejuaraan bukanlah tujuan mutlak dari penyelenggaraan kegiatan Lomba Tingkat III ini. Regu manapun yang mendapat gelar juara perlu kita dukung karena regu itulah yang nantinya akan mewakili Trenggalek mengikuti Lomba Tingkat IV. Karena itu janganlah menyombongkan diri bila menang dan jangan berkecil hati bila belum berkesempatan menang. Jadikan kegiatan Lomba Tingkat sebagai tempat untuk mencari persahabatan dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas, demikian pungkas Wakil Bupati.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s