>APEL KORPRI PERINGATI HUT “SATLINMAS” KE – 48

>


Di Kabupaten Trenggalek, Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 48 Satuan Perlindungan Masyarakat diperingati bersamaan dengan Apel Pegawai Negeri Sipil pada Senin, 19 April 2010 bertempat di halaman Pendopo Kabupaten Trenggalek. Apel yang diikuti oleh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek dipimpin langsung oleh Bupati Trenggalek, H. Soeharto selaku Pembina Apel.

Bupati Soeharto dalam amanatnya yang membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, menyampaikan bahwa tema peringatan HUT Sat Linmas ke – 48 kali ini adalah “Satuan Perlindungan Masyarakat Siap Mendukung Suksesnya Penyelenggaraan PILKADA Tahun 2010”, pengambilan tema ini berkaitan dengan eksistensi keberadaan Sat Linmas sebagai bagian dari KPPS yang bertugas mensukseskan Pemilu Kada yang akan dilaksanakan di 244 Daerah Propinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh wilayah tanah air.

Mendagri juga mengingatkan kembali terhadap tugas pokok Sat Linmas untuk merealisasikan program bela negara sebagai amanat dari Pasal 27 UUD 1945 Ayat 3 dimana disebutkan semua warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Selanjutnya, menurut Mendagri sesuai dengan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah bahwasanya perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang.

Bertepatan dengan akan diadakan Pemilu Kada di beberapa wilayah di tanah air, Mendagri mengharapkan Sat Linmas sebagai bagian dari KPPS supaya ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu Kada yang meliputi pemilihan Bupati, Walikota dan Gubernur dengan menjaga keamanan dan ketertiban sehingga dapat tercipta situasi kondusif.

Di akhir sambutannya Gamawan Fauzi mengamanatkan 5 point penting. Yakni pertama, Satlinmas diharapkan mempunyai kapabilitas untuk meningkatkan kualitas dan memiliki kedisiplinan melalui berbagai pelatihan, penyuluhan dan Bimbingan teknis. Dalam point selanjutnya Mendagri berpesan Sat Linmas sesuai dengan pelaksanaan tugas dan fungsinya mampu meningkatkan koordinasi dengan pihak TNI dan Polri. Kemudian, diharapkan peningkatan peran aktif Sat Linmas dalam Pemilu Kada 2010 dengan menjaga netralitas. Keempat, Sat Linmas mempunyai kewajiban untuk menjaga citra baik satuannya. Dan terakhir Mendagri berpesan, agar Sat Linmas senantiasa mampu meningkatkan kinerja dan pengabdiannya kepada masyarakat.

Dalam kesempatan ini pula, Bupati Trenggalek berkenan menyerahkan secara simbolis kunci kendaraan dinas kepada 175 Kepala Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Trenggalek. Terakhir, H.Soeharto mengajak seluruh peserta Apel untuk melakukan refleksi sekaligus mengucap syukur terkait dengan musibah empat tahun yang lalu dimana pada 19 April 2006, Kabupaten Trenggalek mengalami bencana banjir yang memberikan banyak kerugian di kawasan Kabupaten Trenggalek ini.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s