>PEMBUKAAN DIKLAT PIM TINGKAT IV TAHUN 2010

>

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan (PIM) Tingkat IV Kabupaten Trenggalek Angkatan 290, resmi dibuka pada Senin, 12 April 2010 bertempat di Kantor Diklat Aparatur Negara dan Masyarakat Kabupaten Trenggalek. Latar belakang pelaksanaan Diklat PIM Tingkat IV ini tak lain adalah untuk menciptakan aparatur yang handal serta berkompotensi. Pendidikan dan pelatihan ini dalam lingkungan PNS diatur oleh Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok – Pokok Kepegawaian, lebih spesifik lagi diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan PNS. Untuk itu Kantor Diklat Aparatur Negara dan Masyarakat mengadakan kegiatan yang dapat menyiapkan dan meningkatkan kompotensi para pejabat yang berada pada tataran eselon IV untuk menjadi aparat yang siap dan benar-benar profesional dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing dengan mengedepankan peningkatan dalam bidang pendidikan yang secara langsung memberi kontribusi yang sangat besar terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi dengan baik dan benar.

Diklat PIM Tingkat IV Kabupaten Trenggalek dibuka oleh Bupati Trenggalek, H. Soeharto yang didampingi oleh Kepala Kantor Diklat Aparatur Negara dan Masyarakat Kabupaten Trenggalek serta dihadiri oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur. Diklat yang merupakan hasil kerjasama antara Badan Diklat Provinsi Jawa Timur dan Kantor Diklat Aparatur Negara dan Masyarakat ini diikuti oleh peserta dari pejabat esselon IV yang tersebar di seluruh SPKD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek dan akan diselenggarakan selama 30 hari.


Sasaran dari Diklat PIM Tingkat IV ini adalah tersedianya aparatur Pegawai Negeri Sipil yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap perilaku yang lebih baik serta menciptakan perubahan paradigma maupun komitmen aparatur dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena paradigma lama penyelenggaraan pemerintahan yang sentralis, otoriter, system komando dan lebih banyak bicara tidak sesuai lagi bagi tatanan masyarakat sekarang sehingga sudah waktunya diwujudkan paradigma baru yang desentralistis, demokratis dialogis dan koordintaif serta lebih banyak mendengar demikian disampaikan Bupati Soeharto dalam sambutannya.


Lebih lanjut Bupati Soeharto menyampaikan bahwa penyelenggaraan Diklat PIM Tingkat IV ini merupakan salah satu bukti konsistensi kebijakan Pemkab Trenggalek untuk menjawab tuntutan rasional dan tantangan global guna mewujudkan good governance atau kepemerintahan yang baik, yang memerlukan SDM aparatur yang memiliki kompetensi jabatan dalam penyelenggaraan negara dan pembangunan. Karena untuk menciptakan SDM aparatur yang memiliki kompetensi tersebut diperlukan peningkatan mutu profesionalisme, sikap pengabdian dan kesetiaan pada perjuangan bangsa dan negara, semangat kesatuan dan persatuan dan pengembangan wawasan PNS, dan hal ini bisa diwujudkan melalui diklat jabatan yang sekaligus merupakan bagian tidak terpisahkan dari usaha pembinaan PNS secara menyeluruh.


Terakhir Bupati Soeharto mengingatkan bahwa pejabat eselon IV adalah sebuah struktur jabatan yang sangat strategis karena berhadapan langsung dengan hal – hal yang bersifat aplikatif dan praktis. Pejabat eselon IV sebagai ujung tombak kepemimpinan berada di garda terdepan dalam menjalankan kebijakan. Untuk itu pejabat eselon IV harus memiliki integritas tinggi, pola pikir yang professional, arif dan bijaksana, memahami etika, punya visi, kreatif dan inovatif dan dapat bekerja sama serta mampu berperan sebagai pelayan masyarakat, dan hal – hal tersebut diharapkan dapat dicapai melalui jalur pendidikan dan pelatihan seperti ini. Karenanya Bupati berharap kepada seluruh peserta diklat dapat memanfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya agar tujuan dari penyelenggaraan diklat ini dapat terwujud.


This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s