>PENUTUPAN PEMBEKALAN/ORIENTASI DAN PENYERAHAN SK PENGANGKATAN CPNS FORMASI 2009

>

“Sebagai seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang nantinya akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) perlu Saudara tanamkan sejak dini dalam benak Saudara bahwa PNS adalah abdi masyarakat dan abdi Negara, seorang pelayan masyarakat dan bukan minta dilayani oleh masyarakat. Tugas ini sangat mulia kalau kita benar – benar melaksanakan dengan niat yang ikhlas, penuh pengabdian serta rasa tanggung jawab kepada Negara dan bangsa serta masyarakat, utamanya tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Kuasa” demikian antara lain disampaikan Bupati Trenggalek, H. Soeharto di depan seluruh CNPS 2009 pada acara Penutupan Pembekalan/Orientasi dan Penyerahan SK Pengangkatan CPNS Formasi Tahun 2009 di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Rabu 17 Maret 2010.

Lebih lanjut Bupati Soeharto menyampaikan empat point penting yang perlu diperhatikan oleh seorang CPNS yakni pertama, segera menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang baru baik kondisi lingkungan internal maupun eksternal serta tidak malu untuk selalu bertanya kepada atasan. Kedua, selalu mematuhi ketentuan – ketentuan yang berlaku karena lingkup kerja PNS merupakan lingkungan birokrasi dan salah satu esensi birokrasi adalah regulasi atau peraturan. Oleh karenanya perlu memahami semua ketentuan di bidang kepegawaian utamanya mengenai hak dan kewajiban sebagai seorang PNS. Ketiga, senantiasa meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan karena tantangan sebagai seorang aparatur Pemerintah akan semain kompleks dan di sisi lain tuntutan masyarakat semakin mengedepan seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga kita perlu terus menimba ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas kemampuan diri agar kita tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas. Dan keempat, ciptakan ethos kerja sebab untuk dapat berhasil dalam menjalani karier sebagai seorang PNS tentunya tidak semudah memetik buah anggur atau memijat buah meranti. Oleh karena itu tunjukan dedikasi dalam bekerja, tingkatkan profesionalisme dengan banyak – banyak bersosialisasi dan konsultasi kepada para senior ataupun rekan kerja yang lain dan bermasyarakatlah yang baik serta terus meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme dalam bekerja dengan harapan agar bisa sukses dan selamat dalam perjalanan mencapai puncak karier sebagai seorang PNS sampai memasuki masa pensiun (purna tugas) sebagai PNS.

Dan terkait dengan kenyataan tersebut, Bupati berpesan kepada pejabat atau petugas yang menangani kepegawaian supaya terus meningkatkan profesionalisme dan tetap sabar dalam memberikan pelayanan kepegawaian, kepada pimpinan atau kepala SKPD agar selalu memberikan motivasi dan semangat kerja kepada tenaga honorer yang belum dapat diusulkan menjadi CPNS, kepada CPNS janganlah bersikap arogan karena sikap arogan dapat menjerumuskan pada kegagalan.

Terakhir Bupati mengajak seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk selalu mengevaluasi diri dan meninggalkan paradigma lama “Berapa banyak waktu yang telah saya habiskan seharian di kantor” tetapi bergeser pada pemikiran baru “Berapa banyak pekerjaan yang telah mampu saya kerjakan di kantor”.

Penutupan Pembekalan/Orientasi CPNS 2009 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Soeharto yang diserahkan kepada perwakilan dari CPNS 2009. Selanjutnya diserahkan pula SK Pengangkatan CPNS 2009 dan SK Penempatan oleh Bupati Soeharto kepada seluruh CPNS Formasi Tahun 2009. Sehingga usai mengikuti kegiatan orientasi ini, CPNS akan langsung bekerja sesuai dengan penempatan tugas masing-masing.

Orientasi CPNS 2009 untuk Kabupaten Trenggalek ini sendiri diikuti oleh 607 peserta yang terdiri dari tenaga kependidikan 129 orang, tenaga kesehatan 112 orang dan tenaga teknis strategis 366 orang. Dari formasi tersebut diisi dari jalur umum sejumlah 401 orang dan dari jalur tenaga honorer sejumlah 206 orang.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s