>FORUM SKPD KABUPATEN TRENGGALEK 2010

>

Forum SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) merupakan wadah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil musrenbang (musyawarah rencana pembangunan) kecamatan dengan SKPD atau gabungan SKPD, serta untuk menyusun dan menyempurnakan Rencana Kerja SKPD.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Trenggalek, Mahsun Ismail, S. Ag., MM., saat membuka Forum SKPD Kabupaten Trenggalek, bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Rabu 3 Maret 2010. Hadir dalam acara ini Pimpinan DPRD Kabupaten Trenggalek, Ketua Komisi dan Fraksi DPRD Kabupaten Trenggalek, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa dan Ketua BPD, serta perwakilan LSM yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Lebih lanjut, Wakil Bupati menyampaikan bahwa Forum SKPD memiliki posisi strategis dalam mekanisme perencanaan pembangunan daerah karena dalam forum ini mempertemukan kelompok masyarakat sektoral dan kewilayahan. Dalam forum ini, juga dilakukan penyelarasan usulan antara hasil-hasil musrenbang kecamatan dengan draft Rencana Kerja SKPD, serta memberikan kesempatan kepada kelompok sektoral untuk memberikan masukan sekaligus usulan kegiatan untuk mengatasi persoalan pembangunan yang ada.

Wakil Bupati menambahkan bahwa permasalahan dan tantangan dalam proses pembangunan di Kabupaten Trenggalek ke depan masih cukup berat karena masih tingginya angka pengangguran sebagai dampak dari kurangnya lapangan kerja, yang pada akhirnya berakibat pada kurangnya pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Sebenarnya Kabupaten Trenggalek masih terbentang peluang untuk mengatasi permasalahan pengangguran dan kemiskinan mengingat sebagian besar potensi maupun masyarakatnya berada pada sektor agraris, sehingga perlu upaya mengarah kepada peningkatan kesempatan kerja di sektor agraris atau pertanian dalam arti luas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, lanjut Mahsun Ismail, S. Ag.,MM.

Dengan berdasar permasalahan dan tantangan tersebut, serta berbagai program pembanguan yang telah kita laksanakan maka tema Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Trenggalek pada tahun 2011 adalah “Memperkuat Perekonomian Pedesaan Dalam Rangka Menuju Terwujudnya Otonomi Desa”.

Berdasar tema di atas, maka kebijakan pembangunan Kabupaten Trenggalek Tahun 2011 diarahkan dalam sembilan program prioritas pembangunan, yaitu: pengurangan pengangguran/penciptaan lapangan kerja; peningkatan pendidikan dan pelatihan; peningkatan pelayanan kesehatan; revitalisasi pertanian dan peternakan; pengembangan kelautan dan perikanan; percepatan pembangunan infrastruktur perdesaan; pelestarian sumber-sumber mata air; upaya terus-menerus terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berwibawa; serta pemberdayaan perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja.

Pada akhir sambutannya Wakil Bupati Trenggalek, Mahsun Ismail, S.Ag.,MM. menghimbau agar penyelenggaraan Forum SKPD dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Trenggalek tahun 2011 diarahkan pada peningkatan pembangunan pertanian dalam arti luas, sehingga dengan kuatnya pertumbuhan ekonomi desa, maka dengan sendirinya akan berdampak pada kuatnya otonomi desa.

Pada kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Trenggalek, selaku pihak eksekutif, akan mengusulkan kepada DPRD untuk mendapatkan persetujuan Dana BLM sebesar Rp 100 juta, guna pembangunan infrastruktur perdesaan bagi setiap desa/kelurahan, yang mengarah kepada pembangunan pertanian dalam arti luas untuk meningkatkan pembangunan desa.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s