>PEKAN PANUTAN PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN PPh TAHUN 2009 DAN PELUNASAN PBB TAHUN 2010

>

Sebagai salah satu upaya memberikan contoh dan teladan kepada seluruh masyarakat Trenggalek agar sebagai wajib pajak orang pribadi dan/atau Badan dapat sadar dan taat dalam melaksanakan kewajiban perpajakan tepat waktu, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Trenggalek bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tulungagung menggelar Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Tahun 2009 dan Pelunasan PBB Tahun 2010. Kegiatan tersebut secara simbolis dibuka oleh Bupati Trenggalek, H. Soeharto di Pendopo Kabupaten Trenggalek pada Senin 22 Pebruari 2010.

Bupati Soeharto dalam sambutannya menyampaikan bahwa penerimaan pajak merupakan salah satu andalan Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk sektor pendapatan daerah, karena itu diharapkan masyarakat Trenggalek bisa disiplin dalam menepati waktu membayar, jujur menyampaikan laporan pajak dan memahami betul bahwa peranan pajak yang dibayar akan dikembalikan oleh pemerintah dalam bentuk pelayanan. Dan kepada jajaran petugas pemungut pajak, Bupati menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menuntaskan tugas mulia memungut PBB sektor pedesaan dan perkotaan, mulai dari Kasun, Kades, Camat sampai dengan Tim Kabupaten sehingga dari penilaian Bakorwil Madiun, prestasi Kabupaten Trenggalek tergolong sangat baik, yaitu rangking 1 dari target SKB dan rangking 4 dari target APBN.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa pada tahun 2009 Pemerintah Pusat menetapkan UU No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang menegaskan bahwa Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas dan Bangunan (BPHTB) menjadi Pajak Kabupaten/Kota. Dan konsekuensi dari itu semua akan tampak pada tambahan beban kerja aparatur Pemkab sehingga perlu profesionalisme dan proses pembelajaran yang harus ditangani secara serius. Oleh karena itu, Bupati mengajak seluruh pihak terkait untuk merapatkan pasukan dan dengan modal semangat kebersamaan selalu berusaha memberikan pengertian dan teladan kepada masyarakat tentang arti pentingnya pajak dan juga selalu menjalankan tugas menggali dana Negara dengan berpegang teguh pada profesionalisme, kejujuran dan senantiasa bekerja karena ibadah.

Pada kesempatan ini, diserahkan Penghargaan secara simbolis kepada Wajib Pajak yang Berprestasi pada Tahun 2009 oleh Bupati Soeharto dan juga disediakan Loket Pelayanan PBB Tahun 2010 yang dikemas secara familiar dan penuh kegembiraan dengan diselingi pentas hiburan kesenian khas rakyat “Kentrung”.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s