>PEMBUKAAN DIKLAT CAKEP SD/SDLB SE – KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2010

>
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Trenggalek, dr. Ubaidillah, M. Kes, pada Senin 15 Pebruari 2010 membuka Diklat Calon Kepala Sekolah (Cakep) SD/SDLB se – Kabupaten Trenggalek Tahun 2010 di Kantor Diklat Aparatur dan Masyarakat Kabupaten Trenggalek. Diklat ini akan diselenggarakan dari tanggal 15 – 19 Pebruari 2010

Dalam sambutannya, dr. Ubaidillah, M. Kes menyampaikan tiga point penting tentang kompetensi Kepala Sekolah sesuai dengan Permendiknas No. 13 Tahun 2007, yakni yang pertama tentang managerial, Kepala Sekolah harus mampu memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan SDM sekolah secara optimal, seperti dengan meningkatkan professional, semangat kerja dan efektifitas kerja guru. Point yang kedua tentang kewirausahaan, seorang Kepala Sekolah harus memiliki kreatifitas dan inovasi dalam pengelolaan kurikulum, sarana prasarana dan pola layanan pembelajaran kepada peserta didik yang menuju keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif. Dan terakhir tentang point kepribadian khususnya akhlak mulia artinya Kepala Sekolah harus berusaha menjadi panutan bagi guru, siswa dan masyarakat dan juga berusaha untuk menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan dan kondusif.

Oleh karena itu, lanjut dr. Ubaidillah, M. Kes, seorang Kepala sekolah harus bisa memposisikan dirinya sebagai seorang pemimpin yang memiliki kompetensi tersebut karena Kepala Sekolah merupakan tokoh kunci keberhasilan suatu sekolah dan keberadaan Kepala Sekolah yang mampu memerankan dirinya secara efektif dan efisien dapat memberikan kontribusi yang cukup besar bagi terwujudnya kualitas atau mutu sekolah.

Terakhir, dr. Ubaidillah, M. Kes berpesan kepada Kantor Diklat Aparatur Negara dan Masyarakat agar senantiasa berupaya dan berperan sebagai lembaga yang benar-benar dapat menjadi jembatan untuk mempersiapkan aparatur pemerintah dan abdi masyarakat yang berkualitas dan profesional. Dan kepada para peserta, agar memanfaatkan waktu yang singkat ini untuk belajar secara maksimal dan menaati segala peraturan yang berlaku serta menjaga kesehatan sehingga usai mengikuti diklat ini, bisa menjadi seorang Kepala Sekolah yang memiliki wawasan, pengetahuan dan kompetensi tinggi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s