>NAPAK TILAS GERILYA PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDIRMAN

>

Dalam rangka mengenang 60 tahun wafatnya Panglima Besar Jenderal Soedirman, Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan-45 dan Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar kegiatan Napak Tilas Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman Trenggalek – Panggul, Minggu 31 Januari 2010. Sebelumnya, telah diseleranggarakan pula Ziarah Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman, Pameran Foto Perjuangan, Serta Sarasehan Mengenang Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek.

Napak Tilas Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman Trenggalek – Panggul, dilepas oleh Bupati Trenggalek, H. Soeharto, dari depan Pendopo Kabupaten Trenggalek dan finish di Desa Bodag, Kecamatan Panggul yang merupakan tempat peristirahan Panglima Besar Jenderal Soedirman saat di Trenggalek. Napak tilas dengan menempuh jarak sekitar 66 km, diikuti oleh TNI, Polri, PNS, organisasi pemuda, organisasi masyarakat, pelajar maupun peserta perorangan.

Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek, H. Soeharto, menyampaikan bahwa napak tilas ini tidak hanya sekedar berjalan kaki, namun dengan napak tilas ini diharapkan mampu mengingatkan betapa beratnya perjuangan para pahlawan, khususnya Jenderal Soedirman, dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Lebih lanjut, Bupati mengajak kepada semua elemen bangsa untuk meneladani sifat mulia Jenderal Soedirman yang rela berkorban, tidak kenal menyerah, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perannya masing-masing.

Pada akhir sambutannya, Bupati mengucapakan terima kasih dan dan selamat jalan kepada para peserta yang telah erpartisipasi dalam Napak Tilas Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman Trenggalek – panggul ini.

Jenderal Soedirman, lahir di Desa Karangjati, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, pada tanggal 24 Januari 1916. Beliau wafat di Yogyakarta dalam usia 34 tahun, pada tanggal 29 januari 1950 setelah lama menderita sakit paru-paru.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s