>PUNCAK AKSI PENANAMAN SERENTAK ONE MAN ONE THREE (OMOT) DAN GERAKAN PEREMPUAN TANAM DAN PEMELIHARAAN POHON (GPTPP)

>
Pada Selasa 1 Desember 2009 bertempat di penampungan kayu Bagong Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek, dilaksanakan penanaman 1.450.000 bibit pohon dan penebaran 3000 benih ikan nila. Aksi penanaman ini dipimpin oleh Bupati Trenggalek H. KRA. Soeharto Hadiningrat dan diikuti oleh hampir 1000 orang peserta.
Dalam aksi penanaman ini juga dihadiri oleh anggota Muspida Kabupaten Trenggalek dan Administratur KSPH Perhutani Kediri Ir. Priyadi.

Penanaman pohon “satu orang satu pohon” bertujuan untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon. Diharapkan dengan aksi ini dapat mengurangi pemanasan global ,menciptakan pembangunan Indonesia yang bersih (Clean Development Mechanism), serta menjaga lingkungan hutan Kabupaten Trenggalek agar terhindar dari bahaya banjir, longsor dan kekeringan.

Dari 1.450.000 bibit pohon, sebanyak 175.000 bibit merupakan bantuan dari pusat yang disalurkan melalui BP DAS BRANTAS Surabaya, 25.000 bibit dari Dinas Kehutanan Propinsi Jatim, 100.000 bibit berasal dari anggaran APBD Kabupaten Trenggalek, 900.000 bibit dari Perum Perhutani dan dari kalangan swasta sebanyak 200.000 bibit. Bantuan bibit yang diterima merupakan jenis pohon naungan yang mampu menyimpan air tanah dan menahan erosi, seperti : beringin, jabon, mahoni, trembesi, flamboyan, mangga, jati, mindi, sengon, klengkeng dan pete.

Dalam sambutannya H. Soeharto mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan budaya menanam dan memelihara pohon. “Marilah kita buat Trenggalek ijo royo-royo” ungkap beliau. Beliau juga menghimbau untuk melaksanakan penghijauan di lahan-lahan sekitar, sehingga sumber-sumber air terjaga, lingkungan tetap lestari serta satwa-satwa dapat menempati habitat mereka dengan aman.

Aksi ini dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Bupati Trenggalek H. KRA Soeharto Hadiningrat dan ditutup dengan pelepasan 1000 bibit ikan nila oleh Ny. Wahyu P Soeharto di dam bagong.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s