>PERESMIAN GEDUNG PAUD BABUSSALAM PANDEAN DURENAN

>

Sebagai wujud dari upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek pada Sabtu, 20 Juni 2009 meresmikan lokal baru Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Babussalam Pandean Kecamatan Durenan oleh Bupati Trenggalek, H. Soeharto. Peresmian lokal baru PAUD Babussalam ini dipadukan dengan penyerahan rapor dan wisuda kepada anak didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah dasar (SD) tahun ajaran 2009/2010. Acara peresmian yang berlangsung di halaman PAUD Babussalam tersebut dimeriahkan oleh penampilan dari sejumlah murid PAUD yang berpakaian warna – warni, menyanyi dan menarikan tarian tardisional dengan lincah dan riang.

Pada kesempatan ini, Bupati Soeharto menyampaikan bahwa tujuan utama dari pendidikan usia dini yang esensial adalah mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas. Karena anak-anak pada usia di bawah lima tahun memiliki intelegensi laten (potential intelegence) yang luar biasa. Pada umumnya kita selalu menyalahkan anak-anak apabila tingkah laku mereka tidak seperti yang kita inginkan. Padahal hal tersebut lebih banyak disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman kita terhadap perkembangan jiwa anak, sehingga kita sering memperlakukannya dengan tidak/kurang tepat. 0leh karena itu pendidikan yang menanamkan nilai-nilai luhur kemanusiaan (pengembangan intelegensi/kecerdasan, karakter, kreativitas, moral, dan kasih sayang universal) sangatlah perlu diberikan pada anak-anak sejak usia muda.

Lebih lanjut, Bupati Soeharto juga mengingatkan bahwa pendidikan merupakan faktor penting dalam membangun bangsa karena pendidikan adalah modal awal pembangunan. Kelangsungan negara ini ditentukan oleh kualitas generasi mudanya. Untuk itu pendidikan usia dini sebagai langkah awal pembelajaran bagi anak sangat penting untuk dilaksanakan. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, pembangunan infrastruktur berupa gedung sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan. Dan dengan diresmikannya lokal baru ini, Bupati berharap PAUD Babussalam akan semakin banyak mencetak generasi penerus bangsa yang beradab, soleh dan solehah serta berguna bagi agama, bangsa dan negara karena pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata.

Selanjutnya sebagai tanda diresmikannya lokal baru Gedung PAUD Babussalam Pandean Kecamatan Durenan, Bupati Soeharto beserta Ketua Umum TP PKK Kabupaten Trenggalek, Ny. Wahyu P. Soeharto berkenan menggunting pita dan meninjau lokal baru tersebut.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s