>TRENGGALEK RAIH PENGHARGAAN PENINGKATAN PRODUKSI PANGAN DARI PRESIDEN RI

>

Keberhasilan swasembada beras nasional, tak akan tercapai tanpa dukungan dan keberhasilan swasembada beras di tingkat daerah atau kabupaten. Tahun ini, kerja keras Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Perhutbun) Kabupaten Trenggalek dalam mendukung suksesnya swasembada beras nasional tersebut, membuahkan hasil yang ditandai dengan peningkatan produksi padi di Kabupaten Trenggalek.

Dengan keberhasilan ini, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerima piagam penghargaan dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhonono, yang diserahkan kepada Bupati Trenggalek, H. Soeharto, saat pembukaan Jambore Sekolah Lapang Pengelolaan Sumber Daya Tanaman Terpadu (SL-PTT) yang dilaksanakan di Asrama haji Donohuda, Boyolali, Jawa Tengah, pada Senin 8 Juni 2009.

Menurut Ir. Syamsudin, selaku Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan (Pertahutbun) Kabupaten Trenggalek, penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Trenggalek karena dinilai berhasil meningkatkan produksi pangan, dalam hal ini produksi padi di atas 5%. Untuk tahun ini peningkatan produksi padi di Kabupaten Trenggalek mencapai 14% dengan total produksi mencapai 149 ribu ton. Dengan pencapaian tersebut, Kabupaten Trenggalek menduduki peringkat 5 dalam peningkatan produksi pangan di Jawa Timur.

Untuk mencapai hasil tersebut tidaklah mudah. Pemerintah Kabupaten Trenggalek, melalui Dinas Pertahutbun telah melakukan berbagai upaya, diantaranya melalui sekolah lapang pertanian di tiap desa yang bertujuan untuk meningkatkan SDM petani. Untuk sekolah lapang ini di setiap kelompok tani disediakan lahan seluas 25 hektare, dan 1 hektare-nya untuk laborat lapang.

Selain itu, Dinas Perhutbun juga memberikan bantuan berupa bibit unggul kepada petani, baik hibrida maupun non hibrida. Dengan bibit unggul tersebut diharapkan mampu menghasilkan yang lebih baik. Untuk menunjang hal diatas, Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga memperbaiki saluran irigrasi, dan bantuan pompa air untuk daerah yang airnya sulit.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to >TRENGGALEK RAIH PENGHARGAAN PENINGKATAN PRODUKSI PANGAN DARI PRESIDEN RI

  1. Cak Win says:

    >Jadi bangga aku sama kotaku🙂

  2. togar says:

    >ternyata trenggalek juga punya andil yang besar dalam swasembada beras.bravo!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s