>SOSIALISASI ADD DAN BLM SARPRAS PEDESAAN 2009

>

Pada tahun 2009, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menganggarkan dana Rp 14,5 miliar untuk Alokasi Dana Desa (ADD) untuk seluruh desa di Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 157 desa. Selain mengganggarkan ADD dalam APBD, Pemerintah kabupaten Trenggalek juga menganggarkan dana senilai Rp 7,8 miliar untuk Bantuan Langsung Masyarakat (BLM).

Kedua dana tersebut sama-sama digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana diseluruh desa di Kabupaten Trenggalek, sehingga total dana yang disalurkan sebesar Rp. 22,3 miliar. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Desa, Drs. Edy Suprijanto, saat melaporkan pelaksanaan Sosialisasi Alokasi Dana Desa dan Bantuan Langsung Tunai sarana dan Prasarana Pedesaan tahun 2009, Selasa 26 Mei 2009 bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek.

Bupati Trenggalek, H. Soeharto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemberian dana BLM ini bertujuan untuk merangsang desa melakukan swadaya, yakni jika memang dana untuk sarana dan prasarana kurang, maka masyarakat desa dapat menambah sehingga pembangunan desa dapat terselesaikan sesuai dengan keinginan.

Lebih lanjut, Bupati menanmbahkan bahwa dana BLM ini sudah berlangsung sejak dua tahun lalu. Tahun lalu masing-masing desa mendapat Rp 45 juta, hanya untuk 199 desa. Sedangkan sisanya, per desa mendapatkan RP 76 juta dari dana JPES (jaring Pengaman Ekonomi Sosial).

Untuk mendapatkan bantuan Langsung Masyarakat, desa harus mengajukan proposal yang silakukan secara urun rembug warga, untuk pembangunan pembangunan di desanya. Dengan urun rembug dari warga diharapkan, ketika nanti dananya cair, seluruh warga sepakat digunakan untuk membnagun desanya.

Pada kesempatan ini, Bupati Trenggalek, H. Soeharto, menyerahkan secara simbolis polis asuransi jaminan hari tua kepada kepala desa dan perangkat desa non PNS. Dana yang digunakan untuk membayar polis tersebut adalah dari honor perangkat desa yang telah dianggarkan di APBD.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s