>KABUPATEN TULANG BAWANG PELAJARI CASSAVA

>Upaya terobosan yang dilakukan oleh Bupati Trenggalek H. Soeharto untuk mengangkat taraf hidup petani ketela pohon kini sedikit demi sedikit telah kelihatan hasilnya. Terlebih dengan pengolahan ketela pohon menjadi tepung mocaf (cassava) kini telah mampu menampung hasil panenan dari para petani serta dapat meningkatkan harga jual ketela itu sendiri. Demikian pula dengan pemasaran tepung mocaf ini yang telah ditampung oleh PT Tiga Pilar ternyata mampu melambungkan nama Trenggalek di tingkat nasional.


Berkaitan dengan hal tersebut banyak kabupaten lain terutama di luar Pulau jawa yang tertarik untuk mengikuti jejak keberhasilan Kabupaten Trenggalek. Salah satunya adalah Kabupaten Tulang Bawang Propinsi Lampung yang datang langsung ke Trenggalek dalam rangka studi banding belajar masalah tepung mocaf.

Rombongan yang terdiri dari 15 orang ini dipimpin oleh Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Tulang Bawang. Rombongan ini terdiri dari unsur dinas terkait, anggota DPRD Tulang Bawang, petani ketela, kelompok tani, dan pengurus koperasi. Bupati Trenggalek berkenan menerima di Gedung Pertemuan Bhawarasa pada tanggal 21 Mei 2009.

Dalam kata sekapur sirih Kepala Kantor Ketahanan Pangan kab. Tulang Bawang menyatakan ucapan terima kasih atas perkenan Bupati Trenggalek atas nama pemerintah daerah yang telah berkenan menerima rombongan dengan terbuka dan penuh sukacita. Selanjutnya denyatakan atas kesannya yang mendalam dalam belajar masalah tepung mocaf ini yang selanjutnya akan diterapkan di daerahnya. Mengingat potensi ketela pohon di Kabupaten Tulang Bawang jauh lebih besar dari pada yang di Trenggalek.

Sebaliknya Bupati Trenggalek H. Soeharto dalam kata ucapan selamat datang menyatakan rasa terima kasih atas perhatian dari pihak Pemkab Tulang Bawang yang menaruh perhatian besar terhadap pengembangan mocaf di Trenggalek. Bupati H. Soeharto juga sanggup membantu secara penuh apa yang menjadi maksud dan keinginan rombongan dari Tulang Bawang.

Kegiatan selama kunjungan di Trenggalek antara lain dengan peninjauan langsung melihat proses pembuatan mocaf di Desa kerjo kecamatan Karangan. Juga meninjau proses kegiatan di Koperasi gemah Ripah yang menangani pemasaran Cassava serta mengikuti presentasi yang langsung dipimpin oleh Bupati Trenggalek. Acara kunjungan ini ditutup dengan tukar menukar cindera mata masing-masing kabupaten Trenggalek dan Tulang Bawang. (pras)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s