>BIMBINGAN TEKNIS ADMINISTRASI PERTANAHAN DI KABUPATEN TRENGGALEK

>

Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pertanahan, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menyelenggarakan Bimbingan Teknis Administrasi Pertanahan Tahun 2009, bertempat di Kantor Diklat Kabupaten Trenggalek, Senin 18 Mei 2009.

Bimbingan Teknis Administrasi Pertanahan Tahun 2009, dibuka oleh Bupati Trenggalek, H. Soeharto, dan dihadiri oleh Sekretaris daerah Kabupaten Trenggalek, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Asisten, Kepala SKPD lingkup Pemkab Trenggalek, Kepala Badan Pertanahan Nasional kabupaten Trenggalek, serta camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Trenggalek, serta diikuti oleh Sekretaris Kecamatan, Kelurahan/Desa se-Kabupaten Trenggalek.

Bupati Trenggalek, H. Soeharto, menyampaikan bahwa tanah merupakan permasalahan yang sering muncul di tengah-tengah kehidupan masyarakat, karena disamping menyangkut aspek legalitas, juga memiliki akses ekonomi sosial budaya. “Ada peribahasa yang berbunyi Sedumuk bathuk, senyari bumi, dilabuhi tekaning pati, yang artinya harga diri dan sejengkal tanah akan dipertahankan dengan taruhan nyawa” lanjut Bupati.

Dengan kondisi demikian, Bupati Trenggalek, H. Soeharto, mengingatkan bahwa aparatur negara harus lebih peka terhadap permasalahan-permasalahan yang mendasar dan sering muncul di masyarakat, salah satunya adalah permasalahan pertanahan tersebut. Sehingga, dituntut sumber daya manusia yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pertanahan secara profesional, yaitu pelayanan yang baik, cepat, pasti, transparan, mudah, murah, ramah, menyenangkan dan memuaskan.

Pada akhir sambutannya, Bupati Trenggalek, H. Soeharto, berharap agar aparatur pelaksana pemerintahan di daerah baik di Kecamatan dan Kelurahan/Desa tetap berkomitmen mengedepankan pelayanan prima kepada masyarakat.

Saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten trenggalekbekerjasama dengan Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Trenggalek telah melaksanakan program “Larasita” (Layanan Rakyat Untuk Sertifikat Tanah) Pelayanan ini berupa mobil unit keliling yang mendatangi desa-desa bahkan rumah-rumah sehingga pelayanan bidang pertanahan di Kabupaten Trenggalek dapat berjalan dengan lancar.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s