>PENGAWASAN PEREDARAN BARANG DAN JASA DI KABUPATEN TRENGGALEK

>

Menindaklanjuti Surat Keterangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia No. KH.00.01.1.53.1674 tentang Penjelasan Terkait Produk Dendeng/Abon Babi, Dinas Koperindagtamben Kabupaten Trenggalek, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Satuan Pol PP, Bagian Perekonomian dan Bagian Humas Setda Kabupaten Trenggalek, melaksanakan Kegiatan Peningkatan Pengawasan Peredaran Barang dan Jasa ke pasar, toko, dan swalayan di beberapa Kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Senin 4 Mei 2009.

Menurut Miftakhul Huda, salah satu anggota tim Peningkatan Pengawasan Peredaran Barang dan Jasa Kabupaten Trenggalek, tujuan dilaksanakannya Kegiatan Peningkatan Pengawasan Peredaran Barang dan Jasa ini adalah untuk melindungi konsumen dari peredaran barang-barang dan jasa yang dapat membahayakan atau merugikan masyarakat. Misalnya barang-barang yang telah kadaluarsa, barang-barang yang mengandung bahan berbahaya, maupun barang-barang yang kandungan isinya tidak sesuai dengan labelnya.

“Kegiatan Peningkatan Pengawasan Peredaran Barang dan Jasa di Kabupaten Trenggalek direncanakan akan dilaksanakan secara rutin setiap 4 bulan sekali” ujar Huda.

Berdasarkan Surat Keterangan dari BPOM RI, lima merek produk olahan dendeng/abon yang positif mengandung DNA babi tersebut adalah: Dendeng cap kepala sapi 250 gram dengan produsen tidak diketahui, Abon dan dendeng sapi cap Limas 100 gram dengan produsen fiktif, Abon dan dendeng rasa sapi asli cap A.C.C yang produsennya tidak diketahui, Dendeng sapi Istimewa merek Beef Jekrey “Lezat” diproduksi oleh MDC Food Surabaya, dan Dendeng sapi Istimewa No. 1 cap 999 diproduksi S. Hendropurnomo Malang.

Dari hasil Kegiatan Peningkatan Pengawasan Peredaran Barang dan Jasa di beberapa pasar, toko, dan swalayan di Kecamatan Trenggalek, Pogalan, Durenan, dan Tugu, tim tidak menemukan produk dendeng/abon yang mengandung DNA babi sebagaimana tercamtum dalam surat keterangan dari BPOM RI. Namun tim menemukan beberapa produk yang kemasannya rusak dan telah kadaluarsa.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s