>UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS TAHUN 2009

>

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, Pemkab Trenggalek menyelenggarakan Upacara Bendera yang diikuti oleh PNS lingkup Pemkab Trenggalek dan perwakilan siswa sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMU di Kabupaten Trenggalek pada Senin, 4 Mei 2009, bertempat di halaman Pendopo Kabupaten Trenggalek. Peringatan Hardiknas tahun 2009 kali ini mengambil tema “Pendidikan Sains, Teknologi dan Seni Menjamin Pembangunan Berkelanjutan dan Meningkatkan Daya Saing Bangsa”. Tema tersebut sangat relevan dengan permasalahan dunia pendidikan dewasa ini dalam konteks peningkatan mutu pendidikan nasional untuk menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan berdaya saing.

Bupati Trenggalek, H. Soeharto selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya yang membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional menyampaikan bahwa meskipun upaya kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa telah menampakkan banyak kemajuan namun masih banyak kekurangan dan tantangan yang harus kita hadapi. Dan guna menjawab berbagai kekurangan dan tantangan dalam membangun pendidikan nasional tersebut, Depdiknas telah menetapkan 3 (tiga) pilar kebijakan dalam rencana strategis Depdiknas 2005 – 2009 yaitu pemerataan dan perluasan akses pendidikan; pendidikan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan serta penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik pendidikan.

Dan dalam kurun waktu 2005 – 2008 pendanaan pendidikan melalui program bantuan operasional sekolah (BOS), BOS buku, bantuan khusus murid, bantuan operasional manajemen mutu (BOMM) dan program beasiswa telah menunjukan hasil dan manfaat yang signifikan dalam pengembangan mutu pendidikan di tanah air, program BOS telah membebaskan sebanyak 70,3% murid SD/MI dan SMP/MTs dari pungutan biaya operasional dan semua siswa miskin bebas dari pungutan biaya operasional. Selain itu juga telah tercapai target penuntasan program wajib belajar pendidikan dasar 9 (Sembilan) tahun pada tahun 2008. Dan pada tahun 2009 telah ditandai dengan capaian besar dalam pemenuhan kewajiban pemerintah melalui peningkatan biaya satuan BOS yang cukup signifikan sehingga dapat membebaskan seluruh peserta didik SD dan SMP Negeri terhadap pungutan biaya operasional sekolah, kecuali pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

Pada kesempatan ini, Bupati juga mengajak semua pihak, para pendidik, peserta didik, pemerintah daerah dan masyarakat luas untuk meneruskan cita – cita pendiri negara, meneruskan cita – cita para pahlawan pendidikan untuk bersama membangun dan memajukan pendidikan agar kita bisa menyongsong masa depan bangsa yang gemilang dan kita jadikan moment peringatan Hardiknas Tahun 2009 ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa Indonesia sehingga menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan mampu bersaing dalam kancah pergaulan dunia internasional.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s