>KARNAVAL KREATIFITAS TK, RA DAN BA DALAM RANGKA HARDIKNAS 2009

>


Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2009, Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek menggelar Karnaval Kreatifitas Anak tingkat TK, RA dan BA se – Kecamatan Trenggalek, pada Minggu 3 Mei 2009 bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek. Dalam kesempatan ini digelar Karnaval Pesta Mewarnai dan Pentas Kreasi Anak yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek, Drs. Abu Mansur.

Kepala Dinas Pendidikan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa usia di bawah lima tahun (balita) adalah usia yang paling kritis atau paling menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian seseorang. Termasuk juga pengembangan intelegensi hampir seluruhnya terjadi pada usia di bawah lima tahun. Anak-anak pada usia di bawah lima tahun memiliki intelegensi laten (potential intelegence) yang luar biasa. Namun pada umumnya para orangtua dan guru hanya bisa mengajarkan sedikit hal pada anak-anak. Sesungguhnya anak-anak usia muda tidak “complicated” (ruwet) dalam belajar, tetapi orangtua atau guru yang bermasalah. Pada umumnya kita selalu menyalahkan anak-anak apabila tingkah laku mereka tidak seperti yang kita inginkan. Hal ini lebih banyak disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman kita terhadap perkembangan jiwa anak, sehingga kita sering memperlakukannya dengan tidak/kurang tepat.

Oleh karena itu pendidikan yang menanamkan nilai-nilai luhur kemanusiaan (pengembangan intelegensi/kecerdasan, karakter, kreativitas, moral, dan kasih sayang universal) sangatlah perlu diberikan pada anak-anak sejak usia muda melalui Pendidikan Pre-School / Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak. Guru-guru dan fasilitas yang terbaik semestinya diprioritaskan pada lembaga pendidikan kanak-kanak. Dedikasi yang tulus dari guru-guru dan dukungan sepenuhnya dari orangtua anak akan menjamin keberhasilan pendidikan anak-anak. Terakhir Kepala Dinas Pendidikan mengingatkan pentingnya kerjasama yang baik antara guru dengan orang tua anak guna keberhasilan pendidikan anak di usia dini ini. Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan beserta ibu berkenan meninjau kegiatan yang tengah diselenggarakan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s