>RAPAT KERJA DAERAH PROGRAM KB TAHUN 2009

>

Bertempat di Balai Benih Ikan (BBI) Jl. Brigjen. Sutran Trenggalek, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Trenggalek melaksanakan Rapat Kerja Daerah Program Keluarga Berencana Tahun 2009, Senin 27 April 2009. Rapat Koordinasi yang dibuka oleh Bupati Trenggalek, H. Soeharto, dihadiri oleh Muspida Kabupaten Trenggalek, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Nakertransos, Kepala Bappeda, Direktur RSUD Dr. Soedomo Trenggalek, dan diikuti oleh Camat, Pimpinan Puskesmas, serta Koordinator Lapangan KB se-Kabupaten Trenggalek.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Trenggalek, Drs. Muh. Gozi Saleh, melaporkan bahwa tujuan Rapat Kerja Daerah Program Keluarga Berencana Tahun 2009 bertujuan untuk menyamakan menyamakan persepsi pengelola Program Keluarga Berencana terhadap strategi dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Trenggalek di Bidang Keluarga Berencana, serta untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Program KB tahun 2008.

Bupati Trenggalek, dalam sambutan pengarahannya menegaskan penting dan strategisnya Program Keluarga Berencana Nasional dalam membangun citra dan martabat bangsa di masa depan. “Angka pertumbuhan penduduk yang tinggi tanpa diimbangi dengan percepatan pertumbuhan ekonomi yang memadai akan menimbulkan kemiskinan dan keterbelakangan suatu bangsa”, lanjut Bupati Trenggalek, H.Soeharto.

Bupati mengingatkan pentingnya menjalin komitmen dan koordinasi dengan berbagai instansi terkait di tingkat kabupaten dan kecamatan bahkan sampai ke tingkat pedesaan. Bupati menegaskan agar seluruh Koordinator Lapangan KB melakukan langkah-langkah mekanisme operasional dan menjalin kemitraan serta koordinasi dalam menjalankan kegiatan di lapangan.

Pada akhir sambutannya, Bupati Trenggalek, H. Soeharto, menyampaikan bahwa program KB mempunyai peran penting dalam pembangunan SDM, karena disamping secara makro berfungsi untuk mengendalikan kelahiran, secara mikro program KB bertujuan membantu keluarga dan individu untuk mewujudkan keluarga-keluarga yang berkualitas. Program KB selama ini telah banyak mengubah struktur kependudukan, tidak saja dalam arti menurunkan tingkat kelahiran dan laju pertumbuhan penduduk, namun juga mengubah pandangan hidup masyarakat terhadap nilai seorang anak serta pandangan hidup terhadap kesejahteraan dan ketahanan keluarga.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s