>Musrenbang 2010

>

Dalam rangka menjalankan amanat UU No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), Pemerintah Kabupaten Trenggalek menyelenggarakan Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2010, Kamis 19 Maret 2009 bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek. Musrenbang Kabupaten Trenggalek 2010 diikuti oleh Delegasi Musrenbang Kecamatan dan Delegasi dari Forum SKPD.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Trenggalek, Imam Suprapto, SH., MM. melaporkan bahwa Musrenbang Kabupaten Trenggalek Tahun 2010 bertujuan untuk mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), rancangan alokasi dana desa termasuk dalam pemutakhiran informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Propinsi, APBN, dan sumber pendanaan lainnya.
Kepala Bappeprov Jatim, yang diwakili oleh Taufiq Kartiko menyampaikan bahwa Musrenbang merupakan wahana parsipatory dan perencanaan yang transparan untuk mensinkronkan dan mengintegrasikannya menjadi RKPD 2010 yang tujuan akhirnya meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
Bupati Trenggalek, H. Soeharto, yang membuka Musrenbang 2010, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Trenggalek pada tahun 2010 telah menetapkan delapan prioritas ditambah satu. Dengan penetapan prioritas ini diharapkan pekerjaan dan langkah Pemerintah Kabupaten Trenggalek lebih terarah dan fokus untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi.
Delapan prioritas ditambah satu tersebut adalah: Pengurangan pengangguran/penciptaan lapangan kerja; peningkatan pendidikan/pelatihan; peningkatan pelayanan kesehatan; revitalisasi pertanian dan peternakan; pengembangan kelautan dan perikanan; percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan; pelestarian sumber mata air; upaya terus terwujudnya pemerintah yang bersih dan berwibawa; serta pemberdayaan perekonomian masyarakat dan membuka lapangan kerja.
Pada, akhir sambutannya Bupati menyampaikan selamat melaksanakan Musrenbang kepada para peserta dan nara sumber yang hadir.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s